Tingkatkan Prioritas Pembangunan, Bupati Briefing Camat, Kades dan Lurah

Sragen – Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mendelegasikan kewenangannya kepada camat, kepala desa, dan lurah yang bekerja di Kab Sragen untuk mengoptimalkan kinerja terutama dalam hal prioritas pembangunan. Hal tersebut disampaikan dengan memberikan arahan (briefing) kepada seluruh Camat, Kades dan Lurah se-Kabupaten Sragen, yang diadakan di Aula Sukowati, Rabu (31/01)
Acara tersebut selain dihadiri Camat, Kades, dan Lurah se-Kabupaten Sragen, juga dihadiri Wakil Bupati Sragen, Dedy Endriyatno, S.E, Sekda Sragen, Drs. Tatag Prabawanto B, M.M, Asisten I – III, serta Kepala OPD Kab Sragen.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan 7 Skala Prioritas Pembangunan, diantaranya :
Pembangunan Infrastuktur menyeluruh dan berkualitas, Menjadikan Desa sebagai Basis Pembangunan, Sekolah Gratis SD sampai dengan SMA dan Anggaran Pelatihan Guru 1 Milyar per Tahun, Meningkatkan Kualitas dan mendekatkan Pelayanan Kesehatan dengan mendirikan 3 Rumah Sakit Tipe “D”, Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran dengan membangkitkan Iklim Wirausaha, memberdayakan UMKM dan menciptakan 25 Ribu Lapangan Kerja Baru, Perbaikan Kesejahteraan Pegawai baik di Lingkungan Pemerintah maupun Swasta, Pemberdayaan Perempuan dengan Pelatihan Ketrampilan.
Lebih jauh, Bupati meminta agar para camat, lurah dan kepala desa lebih konsentrasi, kreatif serta inovatif dalam bekerja. Agar senantiasa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakatnya. “Terlepas dari itu semua, saya juga ingin menyampikan penghargaan dan terima kasih kepada semua perangkat camat, lurah dan kepala desa yang ada, karena sudah membantu mensukseskan pembangunan di Kab Sragen ini, walaupun masih ada perbaikan yang harus dilakukan. Namun itulah pembangunan yang sebenarnya, tidak akan pernah ada habisnya. Karena kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT,” ujarnya.
Selain itu, menurut Bupati untuk mewujudkan 7 poin tersebut dapat dilakukan melalui : Optimalisasi PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan), bertujuan agar pelayanan kepada publik dapat dilakukan dalam satu tempat. Evaluasi PADMA (Penggunaan SUKET ONLINE), Bupati menginginkan pegawai kontrak atau perangkat desa dapat menguasai IT dan menjalankan aplikasi. Evaluasi Aduan (Lapor Mbak Yuni), Bupati akan menerima segala aduan dari masyarakat melalui sms/WA ke nomor HP yang sudah dipasang pada Banner disetiap kantor kecamatan, balai desa maupun kelurahan. Hal ini untuk menghindari sikap profokatis masyarakat di sosial media. Tertib Administrasi, Perencanaan dan Pertanggungjawaban, Tertib Penggunaan Dana Bantuan Khusus Keuangan (BKK).
Menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan Pemerintah Desa, berdasarkan data dari Kemenkeu Per September 2017 terdapat 25 desa di Kab Sragen yang belum melakukan pembayaran pajak (PPN dan PPH sebesar 11,5%).
Dalam arahannya, Bupati menyampaikan bahwa tuntutan masyarakat sangat besar terhadap pelayanan prima yang transparan dan akuntabel. Terlebih saat ini, Desa di Kab Sragen bisa dikatakan sebagai Desa miliarder
“Artinya, setiap Desa memiliki dana miliaran rupiah yang terdiri dari Alokasi Dana Desa (ADD), dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah, serta dana Percepatan Pembangunan Penyediaan Infrastruktur Desa (P3ID). Tersedianya dana yang besar di Desa, hendaknya menjadi sebuah pemicu bagi aparatur Pemerintah Desa untuk memberikan pelayanan prima,” tuturnya.
Sebelum mengakhiri acara tersebut, Bupati memberikan penghargaan kepada Kecamatan yang lunas dalam merealisasi PBB, antara lain : Kecamatan Jenar (Lunas 100%), Kecamatan Plupuh (Lunas 99,9%), dan Kecamatan Gesi (Lunas 95,87%)
Bupati mengaku tidak bisa bekerja sendiri dalam meningkatkan pembangunan di setiap Desa se Kab Sragen tanpa bantuan Camat, Kepala Desa dan Lurah. Dengan pendelegasian kewenangan tersebut, persoalan yang muncul di tengah masyarakat lebih cepat dan mudah diatasi.
Pesan Bupati kepada para camat, lurah dan kades agar bisa meningkatkan kinerja tugas dan fungsi pokoknya masing-masing, sehingga bisa membangun desanya menjadi lebih baik sesuai dengan Visi Misi Bupati beserta Wakil Bupati. (Humas)