ROBOTICS TEAM SMP BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH MINTA DOA RESTU WAKIL BUPATI, SIAP JADI JUARA

Sragen – Sebanyak enam siswa yang terdiri dari tiga siswa kelas VIII dan tiga siswa kelas IX SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, berpamitan dengan Wakil Bupati Sragen, Dedy Endriyatno, S.E, yang bertempat di ruang Rapat Bupati, pagi tadi, Senin (22/1/2018).

Ke-enam siswa tersebut akan mengikuti perlombaan IRTC (International Robotic Technical Competition) yang berlangsung di Yala Technical College Thailand dari tanggal 26 hingga 27 Januari 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk meminta doa restu dan motivasi kepada Bupati dan Wakil Bupati, agar sukses dalam mengharumkan Kabupaten Sragen di kancah Internasional. Rombongan siswa tersebut akan berangkat menuju Thailand besok dari Bandara Adi Soemarmo (Solo) dan didampingi oleh Kepala Sekolah SMP Birrul Walidain Muhammadiyah, Amir, S.Ag serta Guru TIK SMP Birul Walidain Muhammadiyah , Haris.

Para siswa berprestasi tersebut bernama Nanda, Reyve, Dafa, Dega, Amel dan Syahdin. Ke-enam siswa tersebut memang sudah sering meraih juara robotics tingkat Nasional maupun internasional. Sehingga pada kesempatan ini, mereka kembali tertantang untuk mengikuti kompetisi robotics tingkat Internasional dengan harapan dapat meraih juara dan membawa nama baik Sragen bahkan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah SMP Birrul Walidain, Amir, S.Ag menyampaikan bahwa Ke-enam siswa tersebut sudah beberapa kali mendapat gelar juara tingkat nasional maupun juara tingkat internasional sejak tahun 2013, dan terakhir meraih juara pertama di Yogyakarta. Selain itu, Amir meminta doa restu, serta arahan dari Wakil Bupati agar dapat memotivasi mereka.

“Saya meminta doa restu dan arahan dari Bapak Wakil Bupati, Semoga tim kami sukses dan lancar sehingga dapat menjadi juara,” Pinta Amir.

Dalam arahannya, Wakil Bupati mengucapkan selamat dengan prestasi-prestasi yang diraih hingga sampai pada tingkat Internasional. Prestasi tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Sragen.

“Selamat kepada adik-adik atas prestasi yang sudah diraih sampai tingkat Internasional tentu bukan perkara yang mudah. Mungkin baru adik – adik ini yang bisa membawa nama baik Sragen dalam robotic hingga kancah Internasional. Ini tidak hanya kebanggaan bagi kedua orangtua, sekolah melainkan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sragen juga, ” Tutur Wakil Bupati.

Wakil Bupati berpesan “Tidak semua kesempatan dapat kita raih, tapi dari kesempatan itu kita bisa mendapatkan kemenangan. Dan rasa keberhasilan harus lebih besar daripada rasa ketakutan. Semoga adik – adik diberi kelancaran dalam mengikuti kompetisi di Thailand dan bisa membawa nama baik Indonesia khususnya Kab. Sragen agar mendunia dalam dunia robotics”

Dari ke-enam siswa tersebut akan dibagi menjadi tiga tim yang masing – masing tim terdiri dari dua anggota. Pada kompetisi nanti, mereka akan menggunakan jenis robot yang sama yakni “Pololu”. Pololu merupakan robot berdiameter 9 cm, sebuah hardware yang telah dirakit di Sekolah mereka kemudian mereka program menjadi sebuah robot yang dapat berjalan mengikuti track pada suatu garis.