DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SRAGEN TERAPKAN APEL SILANG MENGANTISIPASI KENAKALAN PARA SISWA

Sragen – Kepala Dinas Pendidikan Sragen, Drs. Suwardi, M.M menjadi pembina apel di Halaman Setda Sragen, dihadapan peserta apel tersebut menyampaikan terkait persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), Senin (15/01/2018).

Disampaikan hal tersebut agar program – program Pemerintah, khususnya pada program pendidikan dan kebudayaan Kab. Sragen supaya dapat tersampaikan secara menyeluruh ke anak dan masyarakat sehingga program pendidikan terkait UNBK dan UNKP dapat terlaksana dengan baik.

UNBK dan UNKP ini dilaksanakan untuk tingkat SMP, SMA/SMK, Paket B dan Paket C. Yang rencananya dilaksanakan pada Bulan April dan Mei 2018 secara serentak seluruh Indonesia.

Drs. Suwardi,M.M mengatakan persiapan UNBK di Kab. Sragen sudah mencapai 50%. Selain itu, terdapat Sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK dikarenakan terdapat kendala sarana maupun prasarana.

“Ada sekitar 50 sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK, karena ada banyak kendala sarana dan prasarana diantaranya Hardware, Software, dan Internet yang juga perlu dipersiapkan. Jangan sampai trouble ditengah jalan, takutnya menjadikan panik para siswa” ungkapnya.

Sebelumnya sudah ada sosialisasi ke 50 Sekolah di Kab. Sragen mengenai UNBK, dan segera dilakukan verifikasi untuk mengetahui sudah layak atau belum dalam melaksanakan UNBK.

Untuk mengurangi kenakalan remaja khususnya para siswa Suwardi menerangkan, “Dinas pendidikan telah melakukan penyuluhan disekolah, yang dilakukan setiap hari Senin oleh tim Dinas Pendidikan Kab. Sragen di SMP se Kabupaten Sragen. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK dilakukan oleh para Kepala OPD eselon II setiap bulan sekali, yang telah dijadwalkan untuk memberikan penyuluhan di seluruh sekolah se Kabupaten Sragen”.

Sementara itu, penyuluhan di tingkat Sekolah Dasar dilakukan oleh UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di Kecamatan.