Merajut Ukhuwah Islamiyah di Kabupaten Sragen

Sragen – Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno menghadiri kegiatan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sragen yaitu Seminar Merajut Ukhuwah Islamiyah di Era Milenial menghadapi perkembangan pemikiran keagamaan. Diselenggarakan di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Selasa (12/12/2017)

“Kalau kita bicara ukhuwah islamiyah tidak hanya berdiri atas kelompok masing-masing, tetapi yang diutamakan adalah kepentingan islam”

Ketua MUI Kab. Sragen KH. Minanul Aziz, mengatakan “meskipun BAZNAS Kab. Sragen sudah berkali-kali menjadi juara nasional, tetapi perlu disosialisasikan karena ternyata umat islam yang belum membayar zakat masih banyak, menurut data nasional baru 2,1%.”

“Kegiatan MUI komisi penelitian dan pengkajian telah melakukan penelitian gunung gemukus, dengan harapan merubah dari image yang negatif menjadi terkenal yang positif seperti daerah wisata yang religi”, lanjutnya.

“Kaitannya dengan ukhuwah islamiyah sebenarnya lebih banyak unsur pemersatunya, seperti menyembah Tuhan yang sama, kitab yang sama, pemimpin yang sama yaitu Rasulullah, kiblat yang sama” terang Wakil Bupati

Wakil Bupati memberikan gambaran tentang persatuan para pendaluhu yang memberikan kontribusinya terhadap Kemerdekaan bangsa Indonesia diusia muda diantaranya Saman Hudi, Sutomo, KI Hajar Dewantoro, Muhammad Hatta.

“kita harus mengambil peran dalam memperjuangkan diera baru bagi ukhuwah islamiyah yaitu memahami ukhuwah yang ada ditempat lingkungan kita dan memahami kontribusi yang dibutuhkan oleh lingkungan kita, tidak hanya di acara seminar kali ini saja”, ujar Wakil Bupati

Dikatakan lebih lanjut, “Diera milenial ini media sosial merupakan kebutuhan yang harus dimiliki, sehingga tantangan besar yang dapat merusak ukhuwah islamiyah adalah salah satunya begitu bebasnya orang berpendapat di media sosial, sehingga bagaimana kita memilih peran yang tepat untuk hal tersebut”

Seminar yang diselenggarakan MUI Kab. Sragen tersebut dihadirkan Kapolres Sragen, Kapolsek, Camat, Kepala KUA, dan Organisasi Islam. Dengan narasumber Prof. Dr. Ahmad Rofiq, MA MUI Jawa Tengah. (Humas)