SRAGEN MENERIMA PENGHARGAAN PEDULI HAM DARI MENKUMHAM

Sragen – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM), penyerahan penghargaan tersebut bersamaan dengan peringatan Hari HAM sedunia ke-69, di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017).

Acara ini dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, dan ratusan pimpinan daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia.

Adapun dalam acara itu dibagikan penghargaan untuk 232 daerah dari provinsi, kota, dan kabupaten yang masuk kategori peduli HAM, dan 84 kategori cukup peduli HAM.

Kabupaten Sragen masuk dalam Kategori Peduli HAM, karena nilai yang diperoleh mencapai 99,50 atas parameter penilaian dan implementasi Aksi HAM 2016-2017 yang dilakukannya.

Adapun parameter penilaiannya meliputi Kelompok Hak yaitu Hak atas Kesehatan, Pendidikan, Perempuan dan Anak, Kependudukan, Pekerjaan, Perumahan, Lingkungan yang berkelanjutan dan Implementasi aksi HAM.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM kepada Bupati Sragen bersama-sama dengan Provinsi dan Kab./kota lainnya.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM, menyampaikan “Tahun 2017, aksi HAM di daerah hingga saat ini mencapai 52,26 persen, dan diharapkan di akhir tahun ini pemerintah daerah dapat mempercepat pelaksanaan aksi HAM daerah hingga mencapai 100 persen.

Sementara itu penyerahan penghargaan dilakukan secara simbolis oleh Presiden kepada tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Bangka Belitung dan Bali. Untuk kategori kota di wakili Kota Solo, Gunungsitoli dan Ambon.
Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi kinerja semua pihak. “Mulai dari pemerintah daerah hingga wali kota yang mengembangkan daerah yang berwawasan HAM”, katanya. (Humas