Pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara ke 90 di Kabupaten Sragen terbesar se Indonesia

SRAGEN — Pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara 2017 dilaksanakan dari sabang sampai merauke melalui 90 Kabupaten/kota di Indonesia. Sedangkan putaran terakhir  yang ke 90 diselenggarakan di Kabupaten Sragen dengan menempuh rute sepanjang 15 KM, dengan Start dan Finish di Stadion Taruna Sragen. Minggu (19/11/2017).

Dalam kesempatan itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi dan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersepeda bersama sekitar 12 ribuan warga Sragen dan sekitarnya serta Kabupaten/Kota dari luar Pulau Jawa, antara lain Kalimantan, Sumatera Selatan, dan lain sebagainya yang secara khusus diundang oleh Kemenpora.

“Kami datang ke Sragen untuk mengikuti Gowes atas undangan dari Kemenpora”, ujar Andi, peserta Gowes dari Kalimantan

Acara tersebut juga dihadiri oleh  Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto, Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman dan Dandim 0725/Sragen Letkol Arh. Camas Sigit Prasetyo dan Forkompinda lainnya dan Pimpinan SKPD se Kab. Sragen.

Menpora menjelaskan, bahwa sepeda merupakan sarana transportasi, sarana perjuangan oleh nenek moyang kita dan pahlawan kita, saya memaknai pada pagi hari ini. “Sampai kapanpun kita jadikan sepeda sebagai sarana transportasi dan sarana menguatkan persatuan antara kita”, ujar menteri sebelum memberangkatkan para peserta Gowes.

Imam Nachrowi akan menyampaikan kepada presiden Jokowi, agar ada hari khusus untuk bersepeda secara nasional.

Menpora juga mengapresiasi pelaksanaan Gowes di Kabupaten Sragen merupakan Gowes yang terbesar dibanding di daerah lain, bukan hanya menjadi rekor MURI melainkan Rekor Dunia jika pada akhir pelaksanaannya sampah-sampah yang ada di Stadion ini  para peserta ikut membersihkannya.

“Ini adalah acara Gowes yang paling besar yang pernah saya lihat, semoga kedepannya kita masyarakat Indonesia menggunakan  sepda sebagai sarana transportasi, sarana Komunikasi, sarana silaturahmi yang pasti ini membuat kita sehat, bugar, gembira, menyenangkan dan menguatkan kita sebagai bangsa Indonesia”, kata Menpora

Saya himbau kepada Bupati Sragen saat berkunjung ke Kecamatan dan berkeliling ke Desa-desa/kelurahan dengan bersepeda serta diikuti oleh  Pegawai Negeri Sipil maka dijamin sehat lahir dan bathin, maka harus didukung dengan regulasi aturan dan infrastruktur yang memadai bagi pengguna sepeda”, ungkap Imam Nachrawi.

Imam mengatakan, “jika Sragen menerapkan 1 minggu 1 hari untuk bersepeda merupakan wujud nyata adalah yang kedua yang akan ditiru oleh seluruh pemerintah kabupaten /kota seluruh Indonesia, sedangkan saat ini Surabaya yang pertama kali telah menerapkan hal tersebut”.

“Saya akan mewajibkan kepada aparat saya kalau pergi dari rumah menuju kantor wajib menggunakan sepeda termasuk saya sendiri”, Ujar Menpora.

Sementara itu Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan, “ini adalah Gowes yang paling banyak diikuti oleh peserta di Kabupaten Sragen dan sekitarnya, serta berjalan dengan tertib yang merupakan cermin budaya kita, mari kita bersepeda bersama, Indonesia sehat rakyat sragen sehat, Indonesia lebih jaya lagi”.

Apabila ada event yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sragen lagi, Bupati menyatakan siap untuk melaksanakannya.

Pelaksanaan ke-90 Gowes Pesona Nusantara Tahun 2017 kali ini berlangsung meriah karena panitia penyelenggara menyediakan Hadiah Utama satu mobil Daihatsu Ayla, 3 sepeda motor, 5 sepeda gunung, hingga puluhan barang-barang elektronik.

Dalam akhir acara pengundian kupon, hadiah utama berupa Mobil Daihatsu Ayla diperoleh Muji Waluyo, seorang Tukang Batu, asal Manggung, Ds. Manggung, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali. (Humas)