BUPATI TEBAR RIBUAN BENIH IKAN DI WADUK KEDUNG OMBO

SRAGEN- Sebanyak 500 ribu berbagai jenis ikan disebar oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di kawasan Waduk Kedung Ombo (WKO) yang terletak di Dukuh Duwet, Desa Ngandul, Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Ribuan  benih ikan disebar di WKO Sragen, Rabu (15/11) yaitu jenis benih ikan patin, karper, nilem, Tawes dan bandeng air tawar ini.

Aris Wardono, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Sragen, menuturkan, “Rencananya akan ditebar sejumlah 500 ribu, akan dilakukan secara bertahap, hari ini ditebar sebanyak 280 ribu benih ikan. Tujuannya untuk menjaga kelestarian sumberdaya ikan di WKO dan untuk meningkatkan keanekaragaman jenis ikan”.

Dikatakan lebih lanjut, “Penyebaran benih ikan dilakukan untuk meningkatkan stok ikan bagi para nelayan tangkap ikan dan komunitas mancing mania.”

“Selain disebar dipinggir WKO, benih ikan nantinya juga akan disebar di tengah waduk dengan naik perahu”. jelasnya.

Sementara itu Kabid. Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, Ir. Arif Rahman Hakim, menyampaikan, “Sektor perikanan yang sangat maju diharapkan bisa menyumbang pembangunan di Indonesia khususnya di Sragen, karena Kabupaten Sragen mempunyai potensi yang sangat besar dibidang perikanan”

Bupati Sragen mengharap kepada warga setempat agar WKO ini dijaga karena merupakan salah satu aset Sragen. ” Kedung Ombo ini milik kita bersama yang selama ini telah memberikan penghidupan dan kemakmuran bagi warga masyarakat Sragen dan sekitarnya, apakah itu untuk pengairan pertanian maupun budidaya ikan tawar ” jelasnya. ” Saya ingin masyarakat yang memanfaatkan untuk perikanan selain untuk usaha, jangan lupa juga untuk komsumsi keluarga karena ikan sangat sehat bagi tubuh manusia ” imbuhnya.

Di sela- sela sambutannya Bupati mengajak dialog santai dengan ratusan  warga yang hadir sehingga acara sederhana yang digelar di pinggir waduk siang itu berlangsung cukup akrab karena guyonan-guyonan segar bupati.

Triyono, salah satu warga setempat mengungkapkan,  ” Saya senang Ibu Bupati rawuh di sini, dengan tebar benih ikan ini akan jadi sumber hidup rakyat sini “. ” Saya mewakili masyarakat juga ucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati jalannya sudah dibangun bagus makanya masyarakat ngumpul nunggu Bu Bupati disini dari tadi ” imbuhnya.(yn/humas)