PENGAJIAN 1 MUHARRAM, WABUP BERHARAP MAKNAI HIJRAH KE ARAH LEBIH BAIK

SRAGEN – Pemerintahan Kabupaten Sragen melaksanakan pengajian dalam rangka peringatan Tahun baru 1 Muharram 1441 H di Pendopo Bupati Sragen, Rabu (4/9/2019) malam.

Dalam pengajian tersebut dihadiri oleh Bupati Sragen dr.Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wakil Bupati Dedy Endriyatno, Sekda beserta jajaran KA OPD,serta Forkopimda Sragen.

Kepala Kantor Kemenag Hanif Hanani dalam laporannya menyampaikan pengajian peringatan 1 Muharram mengingatkan bahwa tahun baru hijriah tahun yang bersejarah bagi umat islam.

“Peringatan 1 Muharram yg diperingati setiap tahun,kita jadikan momentum koreksi diri utk mencapai derajat orang beriman,beramal soleh serta orang yg mencintai allah dan rasulnya,” ujarnya.

Sementara itu Dedi Endriyatno menyampaikan bahwa makna tahun baru hijriah, sebagaimana kita pahami bersama hijriah/hijrah ditandai perpindahan satu tempat ke tempat yg lain.

Pada waktu itu rasul bersama sahabat dr Mekah ke Madinah, atas perintah Allah SWT.

“Seluruh kaum muslimin,yang kuat dan lemah, laki-laki perempuan, anak-anak dan orangtua semua berbondong-bondong pindah ,menguatkan kekokohan dakwah dikala itu, ” terang Dedy.

Wabup Dedy mengharapkan senantiasa memaknai berhijrah dari satu keadaan ke keadaan yg lebih baik, semangat itu yg harus di miliki sampai saat ini, memotivasi diri kita agar menjadi lbh baik, setiap waktu setiap saat.

“Perpindahan dari ketidakmampuan menuju kemapanan, dari kemaksiatan menuju ketaatan, kekufuran menuju keimanan ,dari kegelapan menuju cahaya, semangat itu yg harus kita wariskan,” harapnya.

Wabup Dedy berharap bukan hanya malam 1 suro yg dirayakan, tapi lebih memaknai peritiwa hijrah perpindahan suatu kondisi ke kondisi yg lebih baik.

“Artinya mari sama-sama memahaminya, kita menatap sragen yang lebih baik, agar menjadikan diri kita lbh baik, menjadikan sragen lebih baik pula,” tutupnya.

Dalam pengajian peringatan 1 Muharram tersebut, dihadiri oleh KH Duri Azhari dari Semarang sebagai mubaligh, dan pada akhir acara Bupati Yuni beserta jajaran memberikan santunan kepada anak yatim piatu. (PAS_HUMAS)