UPACARA PERINGATAN KEMERDEKAAN INDONESIA KE – 74 ASN KAB SRAGEN

SRAGEN – Upacara bendera Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke -74 dan Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Tengah ke-69 digelar di halaman Setda Sragen, sabtu (17/8/19).

Bertindak sebagai inspektur upacara staff ahli Setda Sragen Suwandi. Upacara diikuti oleh jajaran kepala OPD Setda Sragen dan seluruh ASN lingkup Setda Sragen.

Suwandi, dalam amanatnya menyampaikan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beliau mencontohkan pahlawan-pahlawan ataupun tokoh nasional yang telah berjuang untuk Indonesia yang berasal dari latar belakang agama, ras, suku yang berbeda.

“Dalam masa perjuangan setelah kemerdekaan ini sudah semestinya kita tidak membedakan suku, agama atau pun ras. Tak peduli warna kulit, rambut, jenis kelamin, kaya atau pun miskin. Semua sama di mata Negara,“ ungkap ganjar.

“Bibit jiwa kita adalah bibit tepo sliro, bibit andarbeni, bibit paseduluran.” jelasnya.

Lebih lanjut ganjar menyampaikan Pancasila sebagai dasar Republik adalah harga mati. Tidak bisa ditawar dan harus kita tanam sedalam-dalamnya di Bumi Pertiwi.

“Sejarah telah mengikat kuat kita, perasaan senasib sepenanggungan telah menyatukan kita, dan Pancasila telah mendasari kita sebagai bangsa dan negara yang besar, “ tegasnya.

Pancasila inilah sebagai induk semangnya negara ini, yang di dalamnya bersemayam ajaran-ajaran 5 agama: Hindu, Budha, Islam, Katolik, Kong Hu Chu dan Kristen. Yang di dalamnya bersemayam spirit spirit berasaskan kebudayaan Nusantara.

Setelah Upacara di lingkungan dinas masing-masing, Sekda dan jajaran Kepala OPD beserta ASN mengikuti Upacara pengibaran bendera merah putih dan detik-detik proklamasi serta upacara penurunan bendera serta serenade pada sore harinya di Stadion Taruna Sragen. (PAS_HUMAS)