PENGGUNAAN BESEK WADAH DAGING QURBAN, BANTU KENDALIKAN SAMPAH PLASTIK

SRAGEN – Masjid Al Hikmah Perumahan Margoasri mengikuti himbauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen tak menggunakan plastik untuk membungkus daging hewan qurban. Sebagai gantinya, digunakan 1.000 besek untuk wadah daging qurban.

Hal tersebut disampaikan Takmir Masjid Al Hikmah Margoasri Suprapto di pusat lokasi penyembelihan hewan qurban tepatnya di Halaman Masjid Al Hikmah Margoasri, Ds. Puro, Kec. Karangmalang, Sragen, Minggu (11/8/2019).

Suprapto mengatakan penggunaan besek sebagai bungkus daging qurban selain bentuk kepedulian pengurangan sampah plastik juga mengikuti surat edaran yang dikeluarkan Pemkab Sragen perihal himbauan untuk tidak menggunakan plastik sebagai bungkus daging qurban.

“Kami menggunakan besek sesuai dengan instruksi Pemerintah Kabupaten Sragen, ada arahan untuk menggunakan besek, jadi kita laksanakan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan digunakannya besek ini sekaligus untuk mengaktifkan kearifan lokal, karena besek yang diambil merupakan produksi dari warga Sragen.

“Untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Kami pesan dulu beberapa Minggu lalu, dibeberapa pengrajin dari Kecamatan Gesi dan Kecamatan Tangen,” terang dia.

Setelah daging dipotong kemudian ditimbang dan di tempatkan kedalam besek bambu dengan masing-masing perbesek berisikan 1,5 kg daging. Agar tidak bocor, besek tersebut diberi alas daun pisang. (MY_HUMAS)