LAGU ENDAHING SRAGEN DAN DOLAN SRAGEN CIPTAAN THATHIT RAIH JUARA I

SRAGEN – Dua lagu berjudul Endahing Sragen dan Dolan Sragen ciptaan Thathit Paksi Setiawan berhasil mengharumkan nama Kabupaten Sragen pada ajang Parade Lagu Daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019, di Semarang, Kamis (18/7/2019).
Thathit yang juga merupakan putra dari dalang kondang Sragen Ki Medhot Sudarsono ini meraih juara 1 kategori Lomba Cipta Lagu Tingkat Jateng 2019.
Kasi Kesenian Bidang Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen Monika Sugiyanti mengatakan Sragen menjadi juara 1 dari enam daerah yang mengikuti yaitu Wonosobo, Salatiga, Jepara, Pekalongan, dan Banyumas.

“Juara kedua diraih Kabupaten Banyumas dan juara tiga diraih Kabupaten Wonosobo” jelasnya.

Ia menambahkan dalam lomba cipta lagu daerah tersebut, diikuti 15 orang seniman muda dari Sragen yang tampil dan menyuguhkan hasil karya dua lagu Endahing Sragen dan Dolan Sragen.

Sebelum di tingkat Jawa Tengah ini, ada seleksi tingkat Solo Raya dari 7 kabupaten atau kota di eks-karesidenan Surakarta, dan Sragen yang terpilih.

“Kini Sragen menyiapkan diri untuk maju ke tingkat nasional tahun 2020 mewakili Jawa Tengah” imbuhnya.

Sementara pencipta kedua lagu ini Thathit Paksi Setiawan menyampaikan Lagu Endahing Sragen dan Dolan Sragen menggambarkan tentang keindahan potensi yang ada di Kab. Sragen, baik potensi seni, budaya, pariwisata, kuliner Sragen hingga Guyub Rukunnya Sragen.

“Jadi kalau Endahing Sragen ini saya menggambarkan bagaimana keindahan yang ada di Sragen, iklim di Sragen seperti apa, masyarakatnya, guyub rukunnya seperti apa,“ terangnya.

“Lagu kedua Dolan Sragen, Sragen itu punya apa saja. pariwisata, makanan khasnya, produk unggulannya supaya gimana caranya orang itu tertarik untuk dolan ke Sragen“ tambahnya.

Thathit menjelaskan Kedua lagu tersebut diiringi musik pengiring yang diaransemen oleh tim seniman Sragen dengan gaya khas Sragenan yakni tayub.

“Gimana caranya, musik khas Sragenan tayub ini bisa dinikmati oleh anak – anak muda sekarang,“ harapnya. (MY_HUMAS)