BUPATI BUKA TMMD TAHAP II DI SUMBERLAWANG

SRAGEN – Kegiatan TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) tahap II ke 105 Kodim 0725 Kabupaten Sragen dilaksanakan di Desa Ngargosari, Kec. Sumberlawang yang ditandai dengan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD ke 105 Tahun Anggaran 2019 bertempat di Lapangan Desa Ngargosari, Kamis (11/7/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan amanat dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam sambutan tertulisnya Gubernur menyampaikan TMMD merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah . Pemprov Jawa Tengah mempunyai program 1 OPD 1 Desa binaan.

“Harapannya dengan program ini mampu akselerasi upaya memajukan Desa, kedepan saya minta Pemkab kiranya dapat menduplikasi program ini,” pesan Gubernur Ganjar Pranowo dalam isi amanatnya.

Gubernur menambahkan titik berat program TMMD adalah Desa miskin terisolir dan terpencil serta daerah kumuh perkotaan. TMMD sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia khususnya Jawa Tengah.

Secara simbolis Bupati Yuni menyerahkan alat – alat kerja dan memukul kentongan sebagai tanda telah dibukanya program TMMD Sengkuyung Tahap II ke 105 TA. 2019 Kab. Sragen.Usai pelaksanaan upacara juga dilakukan penyerahan bantuan kepada warga kurang mampu dan peninjauan pelayanan KB oleh Bupati Yuni dan Forkopimda.

Dalam laporannya, Kapten Suhardi menyampaikan pelaksanaan pengerjaan selama 30 hari, mulai 10 Juli 2019 sampai dengan 8 agustus 2019.

Sasaran fisik kegiatan ini, diantaranya pembangunan jalan (panjang 1.950 meter, lebar 2,5 meter dan tebal 15 cm), Bantuan RTLH 8 unit, dan jamban sehat 21 unit.

Sementara sasaran non fisik, meliputi penyuluhan tentang empat konsensus dasar berbangsa, penyuluhan pmks-psks, penanggulangan bencana, cegah kebakaran hutan, peternakan dan perikanan, pertanian dan perkebunan, bin kamtibmas dan bahaya narkoba dan bintal/rohani.

Turut hadir jajaran Forkopimda Sragen, Muspika Sumberlawang, Jajaran OPD Sragen dan diikuti Pejabat Sipil TNI dan Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Persatuan Purnawirawan TNI dan POLRI, Persit Kartika Candra Kirana, Bhayangkari, PKK dan ratusan siswa sekolah yang berseragam OSIS dan Pramuka. (PAS_HUMAS)