HARI PERTAMA KERJA, WABUP PESAN OPTIMALKAN POTENSI ASN

SRAGEN – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Sragen melaksanakan apel perdana sekaligus mushafahah pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H di halaman Setda Sragen, Senin (10/6/2019). Apel ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno.

Sebelum menyampaikan amanatnya, Wakil Bupati didampingi Asisten II Suharto melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) sekaligus memonitoring langsung kehadiran para pegawai ASN dan tenaga kontrak pada barisan apel per satuan kerja (satker). Terpantau hampir semua ASN atau 98 persen hadir dalam apel perdana pagi tadi.

Wakil Bupati memberikan apresiasi kepada ASN yang hadir mengikuti apel perdana selepas cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H dan dengan dimulainya kegiatan kerja mulai hari ini, berarti seluruh ASN siap kembali menjalankan rutinitas melayani masyarakat dengan baik.

“Terima kasih, hari ini kita mulai hari kerja yang baru, semangat baru dan motivasi baru. Kembali untuk bekerja dalam kebersamaan dengan semangat.” jelas Wabup.

Selain itu, Wabup dalam arahannya menghimbau agar antar pemimpin maupun pejabat eselon dan staff bisa saling menguatkan dengan cara berkontribusi serta berkomunikasi yang efektif dan produktif supaya mampu menyelesaikan konflik masalah secara cepat dan bijak.

“Artinya dengan memiliki SDM yang ada, pimpinan harus bisa memastikan kinerja staffnya dalam berkontribusi pada sebuah tim. Kalau pimpinannya tidak mampu memperdayakan potensi fungsi yang dimiliki pada bidangnya masing – masing, membuat sia-sia SDM di lingkungan kerjanya,” terangnya.

Wabup menjelaskan seorang pemimpin akan menjadi hebat salah satu diantaranya pemimpin harus jadi tauladan yang baik, mampu membina dan mendidik staffnya dengan baik.

“Orang yang tidak memiliki sesuatu, tidak akan bisa memberikan sesuatu yang lebih bagi orang lain. Orang yang tidak mempunyai kedisiplinan, tidak akan membentuk kedisiplinan bagi orang lain juga. Orang yang tidak mampu menguasai konsep yang ada ditugasnya, tentu dia tidak akan bisa merekrut maupun mempekerjakan staffnya dengan baik.” tegasnya.

Diakhir arahannya, Wabup berpesan kepada seluruh ASN agar membiasakan menyelesaikan tanggung jawab pekerjaannya tepat waktu.

“Jangan suka menunda pekerjaan yang sudah menjadi tanggungjawab kita, menunda pekerjaan samadengan menumpuk masalah, yang bisa dikerjakan segera kerjakan” pesan Wabup.

Usai apel, dilanjutkan dengan mushafahah atau berjabat tangan antara ASN dengan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wakil Bupati Dedy Endriyatno, Sekda Drs. Tatag Prabawanto, dan pejabat eselon lainnya. (MY_HUMAS)