ANJANGSANA BUPATI YUNI KE BUPATI SEPUH SRAGEN

SRAGEN – Rangkaian puncak acara peringatan ke – 273 tahun Kabupaten Sragen, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengunjungi kediaman para Bupati pendahulunya, Senin (27/5/2019).

Kunjungan yang baru pertama kali dilaksanakan dalam sejarah pemerintahan Pemkab Sragen ini, selain bersilaturahmi juga menyerap aspirasi para senior untuk membangun Bumi Sukowati.

Bupati Yuni didampingi oleh Wakil Bupati Dedy Endriyatno, Sekda Tatag Prabawanto dan Puluhan Kepala OPD hingga Camat mengunjungi Bupati sepuh Sragen, saat silaturahmi rombongan laki-laki mengenakan baju surjan lurik dengan sarung yang diikat dipinggang. Sedangkan wanita berbaju lurik dengan bawahan jarit.

Bupati Yuni mengungkapkan sebagai makna guyub rukun kunjungan ini untuk menjalin silaturahmi kepada Bupati sepuh yang sudah berjasa membawa nama baik Sragen.

“Kami kesini untuk menjaga silaturahmi, dan mohon arahan dalam kami memimpin Sragen ke depan, dan akan kita lanjutkan ke depannya“ ungkapnya.

Silaturahmi ini diawali dari kediaman Soedjadi, Plt Bupati Sragen periode 2000-2001 yang kini tinggal di Kartasura, Sukoharjo.

Bupati sepuh Sudjadi, mengapresiasi ide silaturahmi yang dilakukan Bu Yuni, panggilan akrab Bupati Sragen itu.

“Saya sempet kaget dan terharu, baca surat Bupati Yuni mau dating ke rumah,” tuturnya.

Soedjadi menilai di era modernitas, di era milenial Bu Yuni ini masih nguri-nguri budaya jawa, jaga hubungan batin dengan Bupati terdahulu. Soedjadi yang pernah menjabat Pembantu Gubernur Jateng untuk Wilayah Surakarta itu mengingatkan agar jajaran pejabat Pemkab Sragen merubah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk memanfaatkan keberadaan tol dan jalur rel ganda (double track) untuk kesejahteraan masyarakat.

Rombongan selanjutnya menuju kediaman Bupati Sepuh HR Bawono di Jl.Sawahan, Sumber, Solo. Sesampainya di sana rombongan diterima oleh Hartini, istri Bawono beserta keluarga. Kunjungan tersebut dilakukan sekaligus untuk membezuk HR Bawono, yang sedang sakit.

Selanjutnya rombongan menuju kediaman Bupati sepuh Untung Wiyono di ndayu Desa Saradan, Karangmalang, Sragen. Untung Wiyono menyampaikan silaturahmi antar sesama ialah nilai yang sangat tinggi.

“Kepemimpinan Sragen saat ini sudah baik, lanjut Untung anggaran juga cukup, tidak seperti dulu. Dirinya mengatakan hanya tinggal mengelola pemerintahan dengan baik agar masyarakat sejahtera, “ ungkap Untung Wiyono.

Bupati yang menjabat periode 2001-2001 tersebut berharap adaya peningkatan sumberdaya manusia, untuk kemajuan dan kesejahteraan di Kabupaten Sragen.

Setelah dari Dayu, rombongan bergerak ke kediaman Bupati Sepuh Agus Fatchur Rahman di Jl. Aipda KS Tubun, Kampung Kuwungsari, Sragen. Agus Fatchurahman berharap, dengan Hari Jadi ini, momentum Sragen untuk bisa meraih lompatan prestasi.

“Dengan syarat harus sungguh-sungguh, ikhlas, istiqomah dan juga mengembangkan daya kreatif,” ungkap Bupati Sragen periode 2011-2016 itu. (PAS_HUMAS)