MALAM TIRAKATAN PERINGATI HARI JADI KE-273 KAB. SRAGEN

Dalam menyongsong Hari Jadi ke-273 Kabupaten Sragen, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno menghadiri malam tirakatan di pendopo Petilasan Pangeran Sukowati, tepatnya di Dk. Pandak, Ds. Krikilan, Masaran, Sragen, Minggu (26/05).

Tirakatan ini dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Sragen, Sekda Sragen, Asisten, Muspika Kecamatan Masaran, Kepala OPD dan masyarakat setempat.

Acara diawali dengan pembacaan sejarah singkat kabupaten Sragen oleh Kepala Sekolah Bakri, pengajian dan tahlilan serta ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Sragen yang diserahkan kepada tokoh masyarakat Hardiman.

Malam tirakatan yang rutin dilakukan setiap malam 27 Mei ini, untuk mengenang perjuangan bersejarah para pendahulu yang telah semangat menjaga kesejahteraan rakyat Kabupaten Sragen.

Tema peringatan hari jadi Kab. Sragen ke – 273 ini yakni “Siap mendukung Kepemimpinan Nasional menuju Indonesia Maju”

Diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Sragen agar tetap semangat, bergotong-royong dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraan, serta menjaga norma, etika dan nilai-nilai luhur kebangsaan.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan hari jadi ke-273 kabupaten Sragen ini bertepatan dengan tiga tahun Kepemimpinan Bupati Yuni bersama Wakil Bupati Dedy, berbagai program yang sesuai kebutuhan masyararakat telah dilaksanakan.

“Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan berbasis desa, Perluasan kesempatan kerja, Peningkatan UMKM, penanggulangan kemiskinan, pendidikan yang berkualitas, program pembangunan kesehatan dan sebagainya,” jelas Bupati.

Selain itu Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sragen agar terus menjaga Dan mempertahankan semangat guyub rukun yang selama ini sudah tercipta.

“Jangan terpengaruh semua informasi yang menyesatkan dan membuat perpecahan di kalangan masyarakat. Kunci keberhasilan dalam hidup Berbangsa, bernegara dan bermasyarakat adalah Kerukunan, persatuan dan kesatuan.” terangnya.

Bupati mengajak seluruh masyarakat dapat bersama sama dan bergotong-royong untuk memajukan Kabupaten Sragen yang lebih baik dan sejahtera.

Beberapa prestasi dalam beberapa program pembangunan telah menampakkan hasil antara lain:

1. Penilaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, sudah empat kali berturut turut mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI perwakilan Jawa Tengah.

2. Penilaian Laporan Pengelolaan Pemerintah Daerah, telah memperoleh nilai dengan predikat sangat tinggi.

3. Penilaian Laporan Kinerja Pemerintah Daerah, Kab. Sragen masuk dalam kategori nilai b.

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan Sembako dari DAPM kec. Masaran sebanyak 50 paket, dan dilanjutkan dengan pagelaran Ketoprak Napak Tilas Mangkubumi lakon : Babad Tanah Mangkubumi. (MY_Humas)