ZIARAH LOKAL 6 TITIK OLEH FORKOPIMDA JELANG HARI JADI KE 273 KAB. SRAGEN

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno beserta jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sragen melakukan ziarah lokal ke makam para tokoh yang berjasa dalam sejarah berdirinya Kab. Sragen, Kamis (02/5/2019).

Ziarah ini merupakan kegiatan rutin tahunan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-273 Kabupaten Sragen.

Tujuan dari ziarah kubur ini antara lain untuk mengenang jasa-jasa para tokoh dalam merintis berdirinya bumi sukowati. Selain itu makna dari ziarah ini, agar kita sebagai masyarakat Sragen tidak boleh melupakan siapa pendiri Kab. Sragen.

Ziarah pertama diawali dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Hastana Manggala Mading Kec. Sragen, dimana di makam ini banyak pahlawan dari Sragen yang pernah berjuang untuk Kemerdekaan Negara Indonesia.

Selanjutnya, jajaran forkopimda dan rombongan melanjutkan berziarah ke makam Sukowati yang berada di Kecamatan Tanon, makam ini merupakan tempat bersemayamnya Pangeran Sukowati yang mana namanya digunakan dalam nama lain dari Kabupaten Sragen.

Ketiga, dilanjutkan berziarah makam butuh Kecamatan Plupuh dimana jenazah Joko Tingkir disemayamkan.

Makam selanjutnya yang dituju ialah Makam Prampalan yang berada di Kecamatan Masaran dimana Bupati pertama Kabupaten Sragen Soemonagoro dimakamkan.

Kelima, berziarah di makam Ki Srenggi yang berada di Sragen Lor Kecamatan Sragen disini Penglima Perang Sunan Amangkurat dari Kraton Kartasura dikebumikan.

Pada ziarah lokal terakhir dilakukan di Makam SI Kecamatan Sragen di tempat ini para Bupati terdahulu dimakamkan.

Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati berharap melalui ziarah ini dapat dijadikan motivasi bagi seluruh masyarakat untuk semangat lagi membangun Kabupaten Sragen menjadi lebih baik lagi.

“Bagaimana pun juga Sragen harus mendarah daging dalam pribadi kita, khususnya para generasi muda untuk tidak melupakan sejarah besar ini.” terangnya.

Sementara Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno menyampaikan ziarah ini dilakukan rutin setiap tahunnya menjelang Hari Jadi Kabupaten Sragen.

“Kami melakukan ziarah ke makam Sukowati sebagai rangkain hari jadi Kabupaten Sragen yang ke-273, ini bagian juga dari menghargai pendiri Kabupaten Sragen dimana nama Sukowati yang digunakan dalam nama Sragen diambil dari beliau,” terangnya.

Pihaknya menambahkan ada beberapa makam yang dalam sejarah pendirian Kabupaten Sragen yang dikunjungi, terkait langsung maupun tidak langsung sejarah Kabupaten Sragen.

“Dengan ziarah ini kami berharap dapat mengenang sejarah kabupaten Sragen, kita bisa menapaki masa depan yang lebih baik dengan melihat contoh keteladanan perjuangan para pendiri-pendiri Kabupaten Sragen,” pungkasnya. (MY_HUMAS)