BUPATI PIMPIN UPACARA TEBU TEMANTEN DI PG MOJO SRAGEN

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati pimpin upacara Tebu Temanten Selamatan Giling tahun 2019 di Pabrik Gula Mojo Sragen, Sabtu (27/4/2019).

Upacara juga dihadiri oleh Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, Dandim 0725 Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto, Direktur Utama PTPN IX Iryanto Hutagoni, DPC APRTI Wilker PG Mojo H.Parwanto, DPD APTRI Jawa Tengah H.Sukadi Wibisono, Manager PTPN IX PG Mojo Teguh Agung TN beserta seluruh pegawai Pabrik Gula Mojo Sragen.

Di dalam rangkaian upacara tersebut, ada prosesi penyerahan tebu temanten laki-laki yang diberi nama Bgs.Rosan Aji dan Tebu temanten Perempuan bernama Rr.ayu Manis Madu kepada bupati sragen selanjutnya ditandai dengan bunyi Sirene tebu-tebu tersebut diletakkan di Krepyak, untuk mengawali proses penggilingan.

Manager PTPN IX PG Mojo Teguh Agung TN mengakatan selamatan giling rangkain kegiatan rutin setiap tahun sebagai wujud bahwa PG Mojo telah siap hajatan besar tahun 2019.

“Tebu temanten diambil dari kebun tebu di Kandangsapi Jenar, dengan makna perpaduan dua insan yg harmonis semoga hasil tahun ini semanis madu dan termasuk tebu yang berkualitas,” jelasnya .

Teguh Agung mengatakan PG Mojo bertekad untuk kembali meraih kejayaan yg pernah dicapai. Setelah revitalisasi bisa menaikkan kapasitas dari 2.750 Ton Cane per Day (TCD) mengarah ke 4000 ton cane per day (TCD), pekerjaan sudah 95 %, kami mohon untuk organisasi petani bisa bekerjasama sukseskan giling tahun ini.

Di kesempatan yang sama Bupati mengungkapkan selamatan giling merupakan suatu kegiatan ritual yang dilakukan pabrik-pabrik gula di Jawa, dari seluruh pabrik gula yang ada, yang sedang giling di Jawa Tengah hanya 5 pabrik. Seperti diketahui dari revilatisasi yang sudah dilaksanakan di PG Mojo Sragen dengan anggaran Rp 225 Milyar, sehingga mempunyai kapasitas yang lebih.

“Kulo nyuwun yuk di uri-uri pabrike dewe, tebu nek wes panen dikirime kene, ojo neng nggone tongone, tebu yang dari Sragen ya di gilingnya ke PG Mojo, saya yakin bisa memberikan harga yang representative,” pesan Bupati. (PAS_HUMAS)