BUPATI HADIRI FORUM SILATURAHMI KAMBTIBMAS GUNA MENEKAN ANGKA GOLPUT DI SRAGEN

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menghadiri Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) Polres Sragen dengan tema “Golput bukan Pilihan, Salurkan Aspiramu Untuk Suksesnya Pemilu 2019 Yang Aman Damai dan Sejuk” yang bertempat di Gedung Kartini Sragen, Selasa (26/03/2019).

Kegiatan ini, sebagai ajang menjalin silaturahmi guna mengajak kepada jajaran Stakeholder di Kab. Sragen supaya ikut dalam mensosialisasikan tentang pentinngnya Pemilu dan meningkatkan partisipasi masyarakat Kab. Sragen dalam mensukseskan Pemilu tahun 2019 supaya menggunakan hak pilihnya.

Turut hadir Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, Dandim 0725 Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto, Wakil Bupati Dedy Endriyatno, Ketua KPU Sragen Minarso, Ketua Bawaslu Dwi Budhi Prasetya, Ka Lapas Kelas II A Kab. Sragen Yosef Benyamin Yambise, Kamtibmas se Kab. Sragen, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sragen, perwakilan mahasiswa dan pelajar sebagai pemilih pemula.

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan menyampaikan bahwa tema yang diambil dalam acara tersebut Terkait dengan Fenomena pemilu 2019 karena ada 5 pilihan. Tahun sebelumnya Kabupaten Sragen memiliki angka golput yang tinggi.

Sehingga tujuan dari acara ini untuk membantu mencapai target kehadiran pemilih yang sudah ditetapkan yaitu 77.5% pemilih.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan mensukseskan pemilu 2019 dengan aman damai dan Sejuk Di Kab. Sragen sehingga membawa Indonesia pada indonesia yang lebih baik lagi.” pesan Kapolres.

Dalam sambutannya Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan bahwa sukses pemilu ditandai dengan tingkat kehadiran dari para peserta dan bagaimana cara membuat masyarakat mau datang ke TPS agar dapat menyalurkan aspirasinya.

Masyarakat perlu diberikan pemahaman mengenai Pemilu 2019 agar masyarakat lebih memahami apa arti pentingnya memberikan hak dalam memilih dan mempunyai tanggungjawab atas pemilu 2019 ini.

“Mari kita sama-sama punya kewajiban yang sama untuk mensukseskan pemilu 2019.” tegas bupati.

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan mengatakan butuh seni tersendiri untuk mengajak masyarakat mau datang ke TPS untuk menyalurkan aspirasinya.

“Masyarakat yang paling mengkhawatirkan adalah warga yang sudah tidak peduli dengan segala pilihan yang terjadi di negara kita, kemudian ada masyarakat yang sudah merasa jenuh dengan adanya proses pilihan-pilihan tersebut, masyarakat perlu diberikan kembali pemahaman,” ujar Bupati.

Kepala Desa dianggap Bupati bisa menekan angka golput di Kabupaten Sragen dengan mengajak seluruh warganya untuk datang ke TPS saat Pemilu.

“Saya berharap Bapak-Ibu semuanya mengemban tanggung jawab yang sama untuk mensukseskan pemilu sukses dan menjaga kondusifitas wilayah masing-masing,” imbuhnya.

Terkait dengan kampanye tidak terlepas dari Hoax atau Black Campaign dan Negative Campaign, maka dari itu kita berikan pemahaman yang sama kepada masyarakat bagaimana mensikapi Pemilu yang baik dan beretika, sehingga kita dapat menikmati Pesta Demokrasi.

“Saya berharap kita semua bisa guyub rukun meskipun berbeda pilihan, karena yang namanya Politik pasti berbeda-beda, namun tinggal bagaimana kita tetap menjaga wilayah Kab. Sragen supaya tetap kondusif.” pungkas Bupati.

Acara Forum Silaturahmi Kamtibmas Polres dimoderatori oleh Anasthasia Briliyanti dan tiga pemberi materi: Pemilu untuk Kemasalaham bangsa dan Negara oleh Bapak KH. Drs Dian Nadi M.Pd , Peran Pranata Sosial untuk Menggunakan Hak dan Kewajiban dalam Pemilu oleh Lukman Muhajir S.H, M.H, dan Melawan Pembusuman Akal Sehat dalam Berdemokrasi oleh Tommy Chandra, S.Sos.,M.I.Kom. (HUMAS)