PSN KE-6, BUPATI BERPESAN AGAR MASYARAKAT BUDAYAKAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati berkeliling meninjau beberapa lokasi pelaksanaan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kec. Kedawung, Sragen, Minggu (03/03/2019) pagi. Gerakan PSN ini sudah minggu ke-6 yang dilaksanakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama Kader Jumantik, dan masyarakat.

Sebelumnya, sudah dilakukan PSN di Kec. Mondokan, Kec. Sragen Kota, Kec. Karangmalang, Kec. Gemolong, Kec.Sidoharjo, dan Kec. Kedawung.

Usai melakukan apel siaga DBD dilanjutkan dengan sosialisasi PSN dan kerjabhakti di sejumlah rumah warga. Lokasi pertama, yakni di Dk. Sewurejo Ds. Mojokerto, Dk. Dusan Ds. Jenggrik, dan Dk. Miri Ds. Celep.

Bupati menyampaikan di Kec. Kedawung sampai tanggal 28 Februari terlapor 48 kasus.

“Untuk Kecamatan Kedawung dengan rincian yg masuk DBD ada 7 kasus, DD ada 10 kasus dan bukan DBD ada 28 kasus.” jelas Bupati.

Di sela-sela peninjauan lokasi, Bupati memberikan pesan kepada masyarakat jika gerakan PSN yang dilakukan setiap Minggu pagi ini sebagai pelopor untuk memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan.

“Warga sekitarlah yang sebenarnya harus selalu aktif melakukan gerakan ini, Ini adalah salah satu indikator gerakan ini sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Gerakan PSN ini melakukan bersih-bersih, baik itu memungut sampah hingga membersihkan got untuk mengantisipasi berkembang biaknya nyamuk.

“Yang terpenting dari adanya gerakan ini adalah bangkitnya kesadaran masyarakat dalam membudayakan hidup bersih dan sehat,”

Lebih lanjut Bupati menginginkan agar masyarakat yang punya lahan kosong untuk menanam tanaman bermanfaat seperti tanaman pengusir nyamuk.

Gerakan PSN ini dapat memberikan dampak positif secara signifikan sehingga nantinya akan dilakukan gerakan PSN di 20 Kecamatan yang ada di Kab. Sragen.

Selain meninjau tempat-tempat penampungan air di rumah warga juga dilakukan penyerahan tanaman pengusir nyamuk seperti rosemary, serai wangi dan lavender.

Kegiatan PSN pagi tadi Bupati juga didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Sragen dr. Hargiyanto, Kepala Dinas Kominfo Sragen Dra. Yuniarti, muspika Kec. Kedawung, kader kesehatan, kader jumatik dan masyarakat setempat. (MY_HUMAS)