WABUP SRAGEN BUKA TMMD TAHAP I 2019 DI BANYURIP JENAR

SRAGEN – Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,SE menjadi inspektur upacara pada Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 di wilayah Kodim 0725/Sragen dengan tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional” di Lapangan Ds. Banyurip, Kec. Jenar, Selasa (26/02/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Camat se-Sragen, Jajaran OPD Sragen dan diikuti Pejabat Sipil TNI dan Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Persatuan Purnawirawan TNI dan POLRI, Persit Kartika Candra Kirana, Bhayangkari, PKK dan ratusan siswa sekolah yang berseragam OSIS dan Pramuka.

Dalam laporannya, Kapten Arh Sugeng Riyanto (Danramil 10/Tangen) menyampaikan bahwa kegiatan TMMD Tahap I ini dilaksanakan selama 30 hari, dimulai dari 26 Februari s/d 27 Maret 2019.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, menyampaikan isi sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa TMMD ini ialah bagian dari cara pemerintah merawat dan megikat kebersamaan serta kegotong royongan.

“Mengatasi persoalan-persolan kebangsaan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan dengan tema TMMD “Melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong-royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan Nasional” apabila dikaitkan dengan kondisi kebangsaan saat ini tema tersebut sangatlah tepat.

“Sejarah telah mengantarkan kepada kita bahwa semangat kebersaam kegotong-royongan serta kesatuan dan persatuan merupakan senjata ampuh bagi Indonesia dalam menghadapi segala permasalahan,” imbuhnya.

Lebih lanjut pihaknya menambahkan program TMMD harus diarahkan guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan dan memantabkan kerukunan antar umat beragama,

“Untuk mencegah terjadinya konflik sara, radikalisme, terorisame dan intoleransi yang tidak kalah penting kita harus terus mendorong dan memdapingi masyarakat desa secara berkreasi serta berinofasi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi desa agar lahir startup wirausaha sehingga masyarakat desa makin sejahtera“ tuturnya.

Di isi sambutannya Gubernur berharap Desa-desa di Jateng semakin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokalnya. Desanya maju fasilitas pelayanan dasar masyarakat komplit SDM nya makin berkualitas unggul, mandiri punya spiritualitas tinggi, tidak ada narkoba, terus kreatif dan inofatif serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat.

“Lan sing ora kalah penting kebudayaane tansah lestari, harus kita wujudkan bersama, mari kita bersama-sama kita bangun Indonesia dari desa.” pesan Gubernur.

Secara simbolis Wakil Bupati Sragen menyerahkan alat – alat kerja dan memukul kentongan sebagai tanda telah dibukanya program TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2019 Kab. Sragen.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan RTLH dan Jamban Sehat serta peninjauan tempat pemasangan KB susuk atau Inplan bertempat di SDN 2 Banyurip, peletakan batu pertama cor jalan dan RTLH di Dk.Doro RT 24 Ds.Banyurip Kec.Jenar.

Sasaran – sasaran Fisik yang dikerjakan dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA. 2019 diantaranya :

Cor jalan : Panjang 1.201 M, Lebar 2,2 M dan Tebal 12 cm,
Bantuan RTLH 8 unit,
Jamban Sehat 17 sehat
Sasaran Non Fisik meliputi penyuluhan tentang :

Binkamtibmas dan bahaya Narkoba
Antisipasi kegiatan terorisme
Empat Konsensus dasar Berbangsa
Perternakan dan perikanan
Pertanian dan perkebunan
Sosialisasi Sertifikat
Kesehatan Lingkungan
Bintal/Rohani

(MY_HUMAS)