SOSIALISASI OPTIMALISASI ZAKAT DAN REGULASI PENGELOLAAN ZAKAT

SRAGEN – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sragen menyelenggarakan Sosialisasi Optimalisasi Zakat dan Regulasi Pengelolaan Zakat bagi pengasuh pondok pesantren dan Kepala Madrasah Diniyah Kab Sragen, bertempat di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Rabu (26/12/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten I Setda Endang Handayani, dan sebagai pembicara Ketua MUI Sragen Minanul Aziz, dan Ketua Baznas Sragen Mahmudi.

Ketua Penyelenggara Mulyono Raharjo mengatakan peserta terdiri dari kyai/ulama/tokoh agama dari berbagai ponpes/madrasah Diniyah Kab Sragen berjumlah 300 peserta.

“Kegiatan ini bertujuan agar meningkatnya mutu dan kualitas pengelolaan manajemen lembaga pendidikan keagamaan,dimana lembaga tersebut sebagai mitra strategis Baznas dalam meningkatkan pembayaran zakat, sehingga terjalin informasi dan kerjasama antara Baznas dengan lembaga keagamaan” jelasnya.

Selain itu, Baznas juga memberikan bantuan operasional bagi Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al Qur’an (Badko TPQ), Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), dan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP).

“Kami memberikan bantuan operasional, semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,yang masing-masing mendapat kan 5 juta rupiah” terang Mulyono.

Sementara itu, Bupati Sragen yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Setda Sragen Endang Handayani, menyampaikan kepedulian sosial perlu terus ditingkatkan, baznas sudah ada dasar regulasi yang kuat untuk melaksanakan kewajiban bersama yaitu zakat dan infaq.

Berharap ke depan Baznas bisa menjangkau lebih luas lagi, cakupan yang bisa dibantu untuk melaksanakan program pengentasan kemiskinan.

“Salah satunya menjalin kemitraan dengan keagamaan, kesatuan pemahaman ini perlu ada, selalu update data, dan diharapkan sosialisasi bisa menyeluruh ke masyarakat dan yang hadir.” jelasnya. (HUMAS)