SRAGEN CANANGKAN ZONA INTEGRITAS ANTI KORUPSI

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, S.E beserta Forkompimda Kab. Sragen mencanangkan Zona Integritas yang ditandai dengan penandatanganan Zona Integritas Anti Korupsi.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan dalam rangka memperingati “Hari Anti Korupsi Sedunia” sekaligus Pencanangan Zona Integritas dan Sosialisasi Saber Pungli di Kab. Sragen” yang berlangsung di area Car Free Day (CFD) Alun – Alun Sasono Langen Putro Sragen, pagi tadi.

Inspektur Inspektorat Sragen Dr. Wahyu Widayat,S.H,M.Si., menyampaikan bahwa tahun depan tim saber pungli akan lebih kreatif lagi untuk memberikan sosialisasi Saber Pungli ke even-even yang lain.

“Selain itu pencangan fakta integritas yang ditandai dengan launching wilayah bebas korupsi, wilayah birokrasi bersih melayani dan saat ini kami ambil dua sample dinas kami yaitu Dinas PMPTSP dan Dispendukcapil” jelas Wahyu Widayat.

“Saat ini dibuka outlet pencetakan E-KTP dan OSSP, untuk diketahui sekarang terkait perijinan harus online dan tidak bisa di manualisasikan.” imbuhnya

Pihaknya menambahkan melalui even ini bisa menjadi media edukasi kepada masyarakat dalam rangka pencegahan dan pemberatasan korupsi.

“Di negara kita, kita wujudkan wilayah bebas korupsi wilayah birokrasi bersih melayani di Kab.Sragen dan kita jadikan pemerintah yang bersih, jujur, adil dan bebas pungutan liar.” jelasnya.

Selain itu dalam sambutannya, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan bahwa wujud dari komitmen kegiatan ini ada 2 OPD yang menjadi Pilot Project untuk daerah yang bebas korupsi yaitu Dinas Perijinan Terpadu dan Disdukcapil.

“Dua dinas ini akan menjadi contoh bagi Komitmen Kab.Sragen untuk menjadi daerah yang bebas korupsi.” jelas Bupati.

Bupati berharap kerjasama antara seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga dan mengawasi serta memberikan masukan di pemerintahan melalui media apapun apabila ditemukan adanya kejanggalan, kelalaian dan apapun wujudnya menuju ke arah pungli atau ke arah korupsi.

“Intinya dengan niat ini menuju ke daerah yang bebas korupsi, pencegahan lebih baik dari pada penindakan, ini harapan kami dan kami juga didukung oleh DPRD Kab.Sragen dan seluruh Forkompimda Kab.Sragen, semoga dengan komitmen ini Kab.Sragen menjadi bebas Korupsi.” tegas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Fakta Integritas oleh DPMPTSP dan Dispendukcapil Kab. Sragen dilanjutkan penandatanganan dukungan pencegahan dan pemberantasan korupsi oleh Forkompimda, Kepala OPD, BUMN/BUMD/BUMS dan masyarakat umum.

Acara diawali dengan kegiatan Car Free Day (CFD), senam bersama masyarakat Kab.Sragen, Pelayanan Online System Submission Perijinan (OSSP), Pencetakan E-KTP massal dan dimeriahkan oleh Koesplus Sragen bersama dengan Jiwa Nusantara Sragen. (HUMAS)