BUPATI HIMBAU MASYARAKAT BELANJA BUKU DI SRAGEN BOOK FAIR

SRAGEN – Dalam meningkatkan budaya baca dan mewujudkan budaya literasi, Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) menggelar “Sragen Book Fair 2018” yang dibuka oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada selasa, (04/12/2018) yang bertempat di Gedung Kartini Sragen.

Kepala Dinas Arpus, Parsono menjelaskan pameran buku di tahun ini mengambil tema Guyub Rukun Membangun Budaya Literasi di Kabupaten Sragen, yang sudah dicanangkan Bupati Sragen 2 tahun silam.

Sragen book fair berlangsung sampai tanggal 9 Desember 2018, selain pameran buku, juga ada lomba mewarnai, lomba melukis, lomba menulis puisi, lomba menulis cerpen, dan lomba geguritan antar kepala OPD.

“Di Sragen tidak ada kata memandang sebelah mata terhadap perpustakaan, ini terbukti dari dukungan penuh Bupati terhadap berkembangnya perpustakan, terutama di desa-desa”. jelas Parsono.

Sementra itu, perwakilan Dinas Arpusda Provinsi Jawa Tengah, Sapta Hermawati mengapresiasi kebijakan pemkab yang mendorong berdirinya perpustakaan desa dan sudah menjadi piooner dalam pemngembangan desa.

Pameran buku dibuka oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung yuni sukowati, yang dalam sambutannya menyampaikan Sragen book Fair 2018 merupakan bagian dari kampanye literasi, dan menghimbau warga untuk memborong buku di acara tersebut.

“Semoga kebijakan pemkab terkait pengadaan perpustakaan desa dengan anggaran ADD (Alokasi Dana Desa) senilai 10jt/desa per tahun bisa lebih di optimakan,” harapnya.

“Salah satu yg harus ditekankan adalah mengkonsep agar menumbuhkan minat baca dan perpustakaan yang tidak menjemukan,” jelas Bupati.

Di tengah-tengah sambutan, Bupati mempersilakan beberapa Kepala Dinas Arpus di Jawa Tengah yang turut hadir, untuk naik ke atas panggung guna membaca geguritan. Setelah pembukaan secara resmi, Bupati beserta jajaran meninjau lokasi stand-stand pameran dan berbelanja buku, dan ada beberapa buku yang langsung disumbangkan. (HUMAS)