HARI KESEHATAN NASIONAL, BUPATI INGATKAN MASYARAKAT UNTUK JAGA KESEHATAN

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen mengelar upacara dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 tahun 2018, bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang digelar di halaman Kantor Setda Sragen, Senin (12/11/2018).

Turut hadir dalam upacara ini Sekda Sragen Drs. Tatag Prabawanto,MM, Asisten, Kepala Dinkes Sragen, Jajaran Kepala OPD Sragen, Direktur RS se-Sragen, Ketua PMI, Ketua IBI, dan Kepala Puskesmas se-Sragen. Sedangkan peserta upacara berasal dari pegawai kesehatan se-Kab.Sragen, mahasiswa, IDI dan IBI Sragen.

Bupati Sragen menyampaikan isi sambutan Menteri Kesehatan RI diantaranya melalui Hari Kesehatan Nasional yang kita peringati setiap tanggal 12 November pada tahun ini mengambil tema “Aku Cinta Sehat”, dengan Subtema “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita”. Tema ini sejalan dengan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pembangunan kesehatan.

GERMAS merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa, dalam membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas bangsa.

Pada momentum Hari Kesehatan Nasional ke-54, Bupati berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, serta cek kesehatan berkala.

“Saya harap masyarakat tidak malas untuk bergerak, luangkan waktu setiap hari untuk berolahraga karena dengan badan yang sehat akan terbentuk jiwa yang sehat. Mari bersama kita dukung Kab. Sragen dengan Germas hidup sehat,” jelas Bupati.

Terkait musim penghujan yang terjadi di awal bulan ini, Bupati mengingatkan kembali kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk mencegah terjadinya banjir maupun penyakit Diare atau Demam Berdarah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sragen dr. Hargiyanto berharap kepada seluruh komponen masyarakat berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive, preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

“Jadikan ini sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur. lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan,”jelasnya.

Upacara peringatan HKN kali ini diakhiri dengan persembahan Senam Germas Guyub Rukun Sukowati yang dipadukan dengan gerakan cuci tangan oleh pemenang juara I RSUD dr. Soehadi Prijonegoro dan diikuti Bupati Sragen, Sekda Sragen, Kepala Dinkes Sragen dan Ketua IBI Sragen.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan Hadiah dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-54 diantaranya Kategori Lomba Tenaga Kesehatan berprestasi (Dokter, Dokter Gigi, Bidan, Perawat, Ahli Gizi, Ahli Teknologi Laboratorium, Kefarmasian), Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Masyarakat, K3 Rumah Sakit, K3 Puskesmas, K3 Yankes, Tenis meja, paduan suara, memasak, karaoke hingga Lomba tradisional seperti Tarik tambang, Balap Karung, dan Bakiak. (HUMAS)