WAKIL BUPATI SRAGEN BUKA GELAR PENGAWASAN DAERAH TAHUN PEMERIKSAAN 2017

SRAGEN – Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E., secara resmi membuka Gelar Pengawasan Daerah Tahun Pemeriksaan 2017 di Pendopo Sumonegaran, Rumah dinas Bupati sragen, Kamis (18/10/2018).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Inspektur Inpektorat Jawa Tengah yang diwakili oleh Inspektur Pembantu Khusus, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Inspektur Kabupaten/Kota se-Subosukowonosraten, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen serta Kepala OPD yang menjadi Obyek pemeriksaan.

Rapat Dinas Larwasda ini bertujuan untuk menyampaikan hasil pengawasan dan tindak lanjutnya serta lebih mendorong berkembangnya optimalisasi pengawasan.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Sragen DR. Wahyu Widayat, SH, M.Si. dalam laporannya menyampaikan, gelar pengawasan dimaksudkan untuk memaparkan hasil pengawasa sebagai bentuk transparansi dan akuntabiitas, serta mensosialisasikan hasil pengawasan oleh Aparat Pengawasan Fungsional dalam kurun waktu satu tahun anggaran kepada seluruh OPD.

“Harapan kami, seluruh pihak terkait bisa menyadari pentingnya fungsi pengawasan guna terwujudnya Good Governance dan good Government”, jelas Wahyu.

Sementara Itu, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno SE menyampaikan paradigma pengawasan internal saat ini telah berubah dari sekedar menemukan penyimpangan , ke posisi yang lebih luas yaitu efektivitas pencapaian visi, misi, dan tujuan organisasi, dan mendorong pelaksanaan pengawasan ke arah pemberian nilai tambah yang optimal dalam rangka perbaikan kinerja secara menyeluruh.

“Saya ke depan berharap, Inspektorat bukan menjadi momok untuk ditakuti kita perlu merubah dari paradigma menemukan penyimpangan dan kesalahan, menjadi upaya pengawasan untuk mencapai efektivitas pencapaian visi msi yg sdh dicanangkan”, jelas Wakil Bupati.

Lebih lanjut Wakil Bupati berharap Inspektorat bisa menjadi cermin bagi instansi atau OPD lainnya, karena cermin memiliki sifat atau karakter tersendiri yaitu cermin itu terbut dari bahan terbaik sehingga pantulan bayangan bisa disampaikan dengan sempurna, cermin bersifat jujur bisa menampilkan bayangan apa adanya tidak ditambah dan tidak dikurangi, cermin bisa bermanfaat dan dibutuhkan oleh semua orang, cermin bisa menasehati dengan bijak dimana tegas dalam prinsip simpati dalam penampilan, karakter cermin bisa menjaga rahasia tidak akan menceritakan apapun pada orang yg bercermin sesudahnya, dan dari kelebihan-kelebihan itu juga tetap membutuhkan orang lain untuk membersihkannya.

Acara selanjutnya di isi oleh pemateri yaitu dari Kepala Perwakilan BPKP Jawa Tengah Bp Samono Ak., CA., CfrA., QIA dan dilajutkan oleh Inspektur Inspektorat Prvinsi Jawa tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Inspektur Pembantu Khusus,Drs Suharsono,M.Si. (HUMAS)