DEKLARASI ODF DAN PERESMIAN GEDUNG BARU PERPUSTAKAAN KEC. GONDANG

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E, dan jajarannya melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Gondang. Kunker tersebut dalam rangka peresmian gedung baru perpustakaan Kec. Gondang dan Deklarasi ODF Kec. Gondang, di halaman Kantor Kecamatan Gondang, Rabu (18/10)

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto,S.H.,M.H., Wakil Ketua DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto, Sekda Sragen Drs. Tatag Prabaanto,M.M., jajaran Kepala OPD terkait, Muspika Kec. Gondang, dan perwakilan guru se-Kecamatan Gondang.

Diawal rangkaian acara, diawali deklarasi ODF yang dipimpin oleh Camat Gondang dan di ikuti oleh 9 kades/lurah se-Kecamatan Gondang. Kec. Gondang merupakan urutan Kecamatan yang ke-13 se-Kabupaten Sragen yang sudah ODF dan sebanyak 88,9 % sudah mempunyai jamban dan 11,1 % (1.566 KK) belum mempunyai jamban sendiri alias sharing dengan keluarga.

Selanjutnya, dilakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya Gedung baru Perpustakaan Kec. Gondang oleh Bupati didampingi Wakil Bupati.
Camat Gondang Catur Sarjanto dalam laporannya menyampaikan bahwa sebelumnya perpustakaan kecamatan Gondang memiliki ruangan dan fasilitas yang kurang nyaman namun banyak pengunjungnya sehingga perlu adanya ruangan dan fasilitas yang baru agar pengunjung perpustakaan nyaman mengunjungi perpustakaan.

“Untuk itu saya ucapkan rasa terimakasih kepada pemkab Sragen atas dibangunnya perpustakaan kecamatan ini dengan dilengkapi fasilitas yang memadai.” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, Gedung baru perpustakaan kecamatan Gondang yang selesai pada akhir bulan September ini dilengkapi dengan Layanan sirkulasi dan fasilitas kelayakan perpustakaan.

“Jam operasional buka mulai dari hari Senin sampai Kamis jam 08.00 – 16.00 WIB, untuk hari Jumat buka dari jam 08.00 – 11.00 WIB. Dengan dilengkapi fasilitas gratis, antara lain koleksi bab pustaka 3.918 eksemplar, koleksi e-book, computer 3 unit disertai internet, wifi, hingga pembuatan KTA.” terangnya.

Dalam sambutannya Bupati berpesan untuk menjaga dan memelihara apa yang sudah berhasil dibangun, karena membangun gedung baru lebih mudah, bila dibandingkan dengan merawat dan memelihara.

“Perpustakaan adalah sumber informasi, fasilitas pendidikan non formal, tempat pengembangan budaya bangsa melalui buku dan majalah, memeberikan hiburan untuk masyarakat dengan membaca, serta acuan atau referensi penelitian ilmiah” tutur bupati.

Usai meresmikan gedung baru perpustakaan, dilanjutkan dengan peninjauan ruangan yang ada di Perpustakaan Kec. Gondang. (HUMAS)