PEMBUKAAN PPI JATENG DAN SRAGEN MULTI EVENT 2018 OLEH GUBERNUR JAWA TENGAH

SRAGEN – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,S.H.,M.IP didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Sekda provinsi Jawa Tengah Dr. Ir. Sri Puryono KS MP dan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati secara resmi membuka acara Pameran Produk Inovasi (PPI) Jawa Tengah dan Sragen Multi Event 2018, yang digelar di Halaman Gedung Sasana Manggala Sukowati(SMS) Sragen, Jumat (21/09). Berbagai inovasi dipamerkan pada pameran dan berlangsung selama 3 hari (Jumat 21/09 hingga Minggu 23/09).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Lembaga Admistrasi Negara RI, Sekretaris Direktorat Kemenristek RI, Anggota Komisi IV DPR RI, Sekda Prov Jateng, Bupati/Walikota se-Jawa Tengah, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, Jajaran Forkopimda prov. Jawa Tengah dan Sragen serta OPD se-Jateng.

Bupati Sragen dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya mewakili masyarakat Kabupaten Sragen menghaturkan selamat datang kepada pejabat negara, Gubernur Jateng, dan Forkopimda Provinsi Jateng dalam acara pembukaan pameran produk inovasi yang ke-9.

“Kegiatan ini juga digabung dengan pelaksanaan Sragen Multi Event 2018 yang ditujukan untuk memperkenalkan Sragen dengan berbagai sumber daya alam, kuliner dan hasil produk asli dari Kabupaten Sragen.” jelas Bupati.

Lebih lanjut, Kepala Lembaga Admistrasi Negara RI DR.Adi Suryanto M.Si menjelaskan dalam sambutannya, “Pemerintah saat ini menghadapi tantangan yang tidak mudah, pemerintah dituntut untuk terus dinamis mengikuti perkembangan zaman dengan kemajuan teknologi secara masif.”

Sementara Dirjen Penguatan Inovasi Kementrian Menristekdikti RI yang dalam hal ini diwakili oleh DR. Ir.Jumain, APPE M.Si mengatakan Menristek dan Dirjen inovasi akan selalu mendukung dan berpihak kepada inovasi untuk memajukan negara.

“Nasionalisme tidak hanya diukur dari lagu indonesia raya tapi juga melindungi produk inovasi dalam negeri dengan regulasi.” Jelasnya.

Selain itu, dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,S.H.,M.IP menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Sragen atas terselenggaranya kegiatan pameran ini yang menjadi bukti bahwa Kab. Sragen mampu dan terbukti menjadi daerah yang mempunyai putra-putra daerah yang mumpuni dan berkompeten dalam mengembangkan produk-produk untuk menjadikan devisa Kab. Sragen.

“Untuk menumbuh kembangkan tentunya tidak terlepas dari pengorbanan waktu, tenaga dan bahkan finansial untuk mewujudkan produk dalam negeri sehingga pertumbuhan ekonomi di Kab. Sragen ini bisa meningkat dan juga kami nantikan juga untuk Kabupaten dan Kotamadya di Jateng untuk meniru dan juga berinovasi bagi masyarakatnya dan juga bagi negara Indonesia,” tutur Gubernur Ganjar Pranowo.

Pada rangkaian acara pembukaan tersebut, juga dilaksanakan pemberian trophy penghargaan kategori Bupati dan Walikota Pelopor Inovasi Daerah dan penghargaan kategori Lomba Krenova tingkat Provinsi. Dalam hal ini, Bupati Sragen dr. Kusinar Untung Yuni Sukowati memperoleh trophy penghargaan sebagai Bupato pelopor inovasi, dan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah.

Usai pembukaan Pameran dan Pemotongan Pita Gubernur Jateng beserta rombongan melakukan peninjauan ke Stand Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah tahun 2018.

Tujuh pameran yang dipamerkan meliputi, Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah 2018, Sragen Creative Festival, Sragen Heritage, Sragen Expo, Festival Kuliner Sragen, KTNA Expo dan Pameran display inovasi. Sedangkan inovasi yang dipamerkan dalam acara tersebut mulai dari mesin sangrai beras, power case cover/pelindung smart phone sekaligus charger power endles, pengolah sampah organik zaman now, dan pengemasan buah anti bakteri. (HUMAS)