BUPATI SRAGEN LAUNCHING PROGRAM KSWP

SRAGEN – Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) siap diterapkan di Kabupaten Sragen yang ditandai dengan pe-launchingan program KSWP oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E., yang berlangsung di Op room Kantor Dinas Bupati Sragen, Rabu (29/08/2018).

Peluncuran program yang dilaksanakan oleh Kanwil DJP Jawa Tengah II dan Pemkab Sragen guna menindaklanjuti Instruksi Presiden no. 7 tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi dan Permendagri nomor 112 tahun 2016 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak dalam pemberian layanan publik tertentu dilingkungan pemerintah daerah.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak – DJP Jawa Tengah II Rida Hamdani menjelaskan Konfirmasi Status Wajib Pajak adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemkab sebelum memberikan layanan publik tertentu untuk memperoleh keterangan status wajib pajak.

“Dengan adanya program KSWP ini, maka sebelum masyarakat mengajukan perizinan harus mendapatkan keterangan status wajib pajak,” jelas Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak – DJP Jawa Tengah II Rida Hamdani.

Lebih Lanjut Rida Hamdani menambahkan, jenis layanan publik yang dimaksud terdiri dari izin usaha perdagangan, izin usaha hiburan, izin mendirikan bangunan, izin usaha restoran, izin tempat penjualan minuman beralkohol, izin gangguan, izin trayek, izin usaha perikanan, dan izin mempekerjakan tenaga kerja asing.

“Diharapkan pemenuhan kewajiban perpajakan baik itu untuk kewajiban pajak daerah dan pajak pusat dapat dilakukan pengawasan lebih baik” imbuhnya.

Sementara Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya menyampaikan KSWP harus diberlakukan kepada seluruh para pengusaha ataupun siapapun yang ingin mengajukan investasi di Kab. Sragen.

“Tahun 2018-2019 mengejar target untuk daerah pro-investasi, dan tahun 2017 kemarin kami mendapatkan predikat sebagai daerah yang ramah dan nyaman untuk investasi. Saya minta harus ada sinergitas yang baik setelah launching ini, kerjasama semakin baik. Dengan daerah pro-investasi tentu saja pelayanan publik harus menjadi yang optimal dan nomor satu” terang Bupati.

Bupati juga menambahkan, kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak memang sangat penting, karena pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan yang cukup dominan.

“Saya minta konsisten dan komitmennya apabila nanti ini bisa berjalan running well dengan baik, harapan saya barangkali bisa jemput bola” jelas Bupati.

“Untuk itu inilah sarana harapan kita sebagai warga Negara Indonesia dengan kita patuh membayar pajak ini yang feedback yang akan kita terima ini juga akan semakin baik” imbuh Bupati.

Bupati berharap agar seluruh pengemban pajak taat dan tertib membayar pajak guna memperlancar pembangunan khususnya di Kab. Sragen.

“Mari kita sadar diri bahwa berapapun yang kita berikan kepada negara pasti akan kembali kepada kita, untuk Sragen kita harapkan target pajak yang diterapkan oleh pemerintah bisa terpenuhi” pesan Bupati.

Pelaunchingan tersebut ditandai dengan penekanan tombol pada layar touchscreen program KWSP oleh Bupati Sragen dan dilanjutkan dengan simulasi konfirmasi status Wajib Pajak.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Sragen Drs. Tatag Prabawanto,M.M., Asisten II Suharto,M.H., dan Asisten III Ir. Simon Nugroho Sri Yudanto, dan Jajaran Kepala OPD Sragen. (HUMAS)