SOSIALISASI PERMENDAGRI NOMOR 38/2018, PROGRAM STRATEGIS HARUS JADI PRIORITAS

SRAGEN – Dalam proses penyusunan APBD tahun 2019 mendatang, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta untuk memproritaskan program dan kegiatan strategis.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat membuka sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 38 tahun 2018 tentang Pedoman APBD tahun 2019, di ruang Sukowati Kantor Bupati Sragen, Kamis siang (23/08/2018).

“Dalam penyusunan APBD tahun 2019 hanya program yang benar-benar bermanfaat dan berdampak langsung bagi masyarakat. Bukan sekedar karena tugas dan fungsi perangkat daerah atau unit kerja semata,” terang Bupati Sragen.

Bupati berharap agar masing – masing OPD dapat menselaraskan kebijakan pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah pusat dalam mendukung program pembangunan nasional 2019.

Masih terkait dengan penyusunan APBD tahun 2019, Sekretaris Daerah (Sekda) menambahkan, sebagaimana amanat nomor 38 tahun 2018 tentang Pedoman Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, salah satu poinnya adalah agar kebijakan daerah disinkronkan dengan kebijakan Pemerintah Pusat.

“Ini merupakan amanat Permendagri yang harus kita pedomani sesuai kemampuan anggaran yang daerah miliki dalam penyusunan APBD untuk program kegiatan dan pekerjaan tahun 2019,” ujar Sekda Sragen.

Untuk diketahui, sebagaimana Permendagri 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Peyusunan APBD Tahun Anggaran 2019, maka Pemerintah Daerah harus mempedomani aturan ini dalam menyusun APBD Tahun Anggaran 2019.

Ada lima poin yang menjadi pedoman pokok dalam penyusunan APBD 2019 sesuai Permendagri 38 tahun 2018 ini. Meliputi Sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah. Kemudian prinsip penyusunan APBD. Selanjutnya, kebijakan penyusunan APBD, teknis penyusunan APBD dan hal khusus lainnya.

Terkait dengan pedoman untuk mensinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dengan pemerintah, maka terdapat lima prioritas pembangunan nasional Tahun 2019.

Pertama, pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar. Kedua, pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.

Ketiga, Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif. Keempat, Pemantapan ketahanan energi, pangan dan sumber daya air melalui pelestarian lingkungan. Kelima, Stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

“Ikuti berbagai pedoman yang telah dikeluarkan Mendagri lewat Permendagri nomor 38 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD anggaran 2019. Manfaatkan waktu sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya,” harap Sekda.

Turut hadir dalam pembukaan Sosialisasi tersebut, Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Dwiyanto,S.STP,M.Si, jajaran Kepala OPD dan sejumlah Kabag Setda Sragen. (HUMAS)