GEBYAR KEMERDEKAAN KE-73 RI, DISPENDUKCAPIL GELAR CETAK E-KTP MASSAL

SRAGEN – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sragen melakukan cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) secara massal di Halaman Dispendukcapil Sragen, Jumat (17/08/2018). Kegiatan ini merupakan inovasi terkini yang dilaksanakan sebagai bentuk percepatan agar masyarakat yang belum memiliki e-KTP dapat memiliki identitas.

Pencetakkan e-KTP massal berlangsung selama dua hari, mulai hari ini Jumat (17/08) sampai hari Sabtu (18/08) pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. Selain itu, jumlah blangko e-KTP yang disediakan mencapai 10 ribu keping dan melayani tiga permasalahan e-KTP yakni Suket (Surat Keterangan / e-KTP sementara), e-KTP rusak, dan e-KTP hilang.

Pada hari pertama kegiatan cetak e-KTP massal, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E., dan rombongan langsung meninjau kegiatan tersebut usai melaksanakan upacara detik – detik proklamasi HUT Ke-73 RI.

Sekretaris Dispendukcapil, Wahana Wijayanto mengatakan pencetakkan e-KTP massal hari ini merupakan kegiatan pelayanan satu – satunya yang dilakukan oleh Dispendukcapil di seluruh Indonesia pada perayaan HUT Ke- 73 RI.

“Seluruh kantor Dispendukcapil hari ini dan besok tidak ada pelayanan, hanya di Sragen saja yang melayani cetak e-KTP massal sehingga kita dapat memanfaatkan jaringan yang longgar ini menjadi nilai tambah untuk mempercepat proses pelayanan” jelas Wahana Wijayanto

Wahana Wijayanto menambahkan jika pencetakkan e-KTP menggunakan 15 alat cetak untuk mempercepat pelayanan pencetakkan.

“Melibatkan 15 alat cetak, 10 operator kecamatan, sisanya dari operator Dispendukcapil,” terangnya.

“Proses cetaknya perdua menit dan mampu mencetak sebanyak 15 keping, secara prinsip relatif cepat dan tidak hanya sekedar slogan Cetak Cepat karena kita juga dibantu aplikasi sama provinsi dengan aplikasi proses cetak guna mencegah gangguan” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya menyampaikan jika Pemkab Sragen semaksimal mungkin akan selalus memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga Kab. Sragen.

”Semoga dapat berjalan dengan lancar, tertib dan masyarakat dapat pelayanan yang terbaik” terang Bupati.

Usai memberikan sambutan, secara simbolis Bupati menyerahkan e-KTP yang sudah jadi kepada 3 warga pencetak e-KTP hari ini. Selanjutnya, Bupati dan rombongan meninjau sistem pelayanan e-KTP secara langsung. (HUMAS)