BUPATI SRAGEN SEBAGAI IRUP PADA UPACARA DETIK – DETIK PROKLAMASI HUT RI KE-73

SRAGEN – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Kabupaten Sragen berlangsung khidmad. Upacara dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Jumat (17/08/2018).

Upacara yang berlangsung di Stadion Taruna Sragen tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E., Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)beserta istri, Ketua Tim Penggerak PKK dan jajaran ASN lingkup Pemkab Sragen.

Selain itu, upacara juga diikuti oleh ratusan pelajar SD, SMP dan SMA/SMK Kab. Sragen, personel TNI dan Polri serta organisasi pemuda dan kemasyarakatan lainnya yang ada di Kab. Sragen.

Rangkaian Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi diawali dengan bunyi sirene selama 60 detik, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh serta mengheningkan cipta dipimpin oleh Bupati Sragen selaku inspektur upacara serta menaikkan bendera merah putih yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera Kabupaten Sragen dan diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam pengibaran bendera tersebut dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) dari anak-anak terbaik di Kabupaten Sragen, yang telah dikukuhkan oleh Bupati Sragen pada hari Rabu malam (15/08) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen.

Dalam sambutan yang dibacakan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati., Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,S.H.,M.IP., menyampaikan agar memaknai kemerdekaan Republik Indonesia dengan mempertahankan perjuangan para pahlawan menggunakan pemikiran poisitf dan Hoax pun harus dienyahkan dan pesimistis ditinggalkan.

“Sedih rasanya dan sungguh tidak rela, kalau diantara anak – anak bangsa masih ada yang saling menebar rasa benci, fitnah dan saling menjelekkan, serta membuat dan menyebar hoaks, karena perbedaan” jelasnya.

“Perbedaan apapun bentuknya merupakan berkah alam. Justru dalam perbedaan selalu terjadi keindahan, karena taman yang indah selalu ditumbuhi beraneka ragam kembang” pesan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,S.H.,M.IP., dalam isi sambutannya.

Usai memimpin upacara Bupati Sragen didampingi Wakil Bupati Sragen berkenan menyerahkan dan menyematkan secara simbolis penghargaan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) kepada 3 orang perwakilan penerima penghargaan yang mengabdi di lingkup Pemkab Sragen. Jumlah penerima keseluruhan SLKS sebanyak 263 orang, diantaranya pengabdian selama 30 tahun sebanyak 134 orang, SLKS 20 tahun 126 orang dan SLKS 10 tahun 3 orang. (HUMAS)