RENUNGAN ULANG JANJI JELANG PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-57

SRAGEN – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sragen menyelenggarakan acara Renungan, Ulang Janji dan Selamatan menjelang Peringatan Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Senin (13/8/2018). Bertindak sebagai pembina Upacara yaitu Kakak Dedy Endriyatno selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Wakamabicab) Sragen.

Dalam pengarahannya, kakak Dedy berpesan Renungan, Ulang janji dan Selamatan hari Pramuka adalah sebagai rangkaian kegiatan menjelang peringatan hari Pramuka dengan tujuan melakukan perenungan terhadap usaha dan karya yang dilakukan oleh setiap pramuka demi kepramukaan dan gerakan pramuka serta mengucapkan janji satya pramuka.

Kak Dedy berharap agar semua warga pramuka merenungkan kembali dan bisa menatap wajah masa depan Indonesia ke depan dengan berkontribusi serta melihat masa depan Sragen untuk waktu yang akan datang.

“Tanpa menjadi pribadi yang efektif, mungkin kita terlalu banyak berkumpul, banyak membuang sumber daya manusia dan membuang waktu, tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Semoga Pramuka Indonesia bisa menjadi pribadi yang efektif,” jelas Wabup.

“Ada Dua acara untuk menjadi pribadi yang efektif, yaitu memahami permasalahan yang kita hadapi, yang dihadapi masyarakat, yang dihadapi bangsa, dan yang kedua adalah mengetahui potensi yang kita miliki, hanya dengan mengetahui potensi yang kita miiki kita itu kemudian kita mampu memberikan kontribusi untuk menyelesaikan permasalahan itu.” imbuhnya.

Diharapkan, pramuka menjadi pionir dan garda terdepan dalam memecahkan permasalahan disekitar.

Sementara itu, dalam laporan penyelenggarannya, Kakak Wahyu Widayat menyampaikan tujuan dari renungan, Ulang janji dan selamatan ini untuk mengingat sejarah dan perkembangan gerakan pramuka, meningkatkan gerakan pramuka dalam membatu pemerintah guna mewujudkan gerakan muda yang tanggap, tangguh, mandiri, berkepradian yang dilandasi Satya Darma Pramuka serta guyub rukun dalam membangun bumi sukowati.

Diacara tersebut diserahkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka berupa Lencana Darmabakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yang diserah oleh Ketua Kwartir Cabang Sragen kepada kakak Tatag Prabawanto. (HUMAS)