3 HARI KEDEPAN, PEMKAB SRAGEN BUKA LAYANAN POSKO ADUAN SELEKSI PERDES

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen membuka Posko Aduan Seleksi Perangkat Desa (Perdes) yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari hari ini Selasa (14/08) – Kamis (16/08) bertempat di Kantor Inspektorat Sragen. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Inspektorat yang sekaligus Anggota Posko Aduan Seleksi Perdes Sragen Dr. Wahyu Widayat,S.H.,M.Si., dalam press conference di Ruang Asisten I, Senin (13/08).

“Dengan adanya posko aduan ini untuk memperlancar keseluruhan proses rekrutmen perangkat ini sampai dengan pelantikan serta meminimalisir sedini mungkin permasalahan yang ada. Ini adalah respons dari Bupati agar semua segera terang benderang” jelas Wahyu Widayat.

“Apapun aduan dari masyarakat, akan kita verifikasi secara administrasi dan akan segera kami cek hingga tahu kepastiannya seperti apa. Kalau itu nanti ranah hukum pidana, kami akan serahkan ke Polres.” imbuhnya.

Terkait teknis pengaduan, masyarakat (pengadu posko aduan perdes) saat mendatangi sekretariat Inspektorat diharapkan sudah menyiapkan data – data aduan laporan kecurangan maupun pendukung lainnya, serta menulisnya dalam bentuk narasi laporan.

“Dengan begitu nanti tim tinggal mengkaji bareng-bareng, cek lapangan, dan lihat indikasinya. Bila arah indikasinya pidana, langsung kami serahkan kepada Pihak berwajib (Polisi).” terang Wahyu Widayat.

Tim Layanan Posko Aduan Seleksi Perdes tersebut, diketuai oleh Sekda Sragen, Drs. Tatag Prabawanto,M.M., Sedangkan sebagai Penanggung Jawab adalah Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E.

Layanan posko aduan terdiri dari berbagai unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Inspektorat, Badan Kesbangpol, Bagian Pemerintah Desa (Pemdes), dan Bagian Hukum. (HUMAS)