HUT IBI KE-67, BUPATI : IBI PUNYA PERAN STRATEGIS DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN

SRAGEN – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sragen melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) IBI ke-67 yang dilanjutkan Seminar Sehari dengan tema “Bidan garda terdepan mengawal kesehatan maternal – neonatal melalui germas dan pelayanan berkualitas” yang digelar di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Senin (13/08).

Dalam perayaan HUT IBI tersebut, turut hadir pula Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Ketua PD IBI Jawa Tengah Endang Suwartiningsih, Amd. Keb., Ketua IBI Cabang Sragen Ermina Damai,A,md.Keb., Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Sragen Ny. Retna Susanti Dedy Endriyatno, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sragen dr. Hargiyanto,M.Kes, dan para bidan Kabupaten Sragen.

Selain itu, seminar tersebut juga menghadirkan 2 pembicara dalam tema yang berbeda, yakni pembicara I dr. Ismail Joko Sutresno,Sp.OG(K) dengan materi “Peran Bidan Dalam Penurunan AKI dan AKB dalam era JKN” sedangkan Pembicara II oleh dr. Lula Kamal,M.Sc dengan judul materi “Kesehatan Reproduksi dan Seks”.

Ketua IBI Cabang Sragen Ermina Damai,A,md.Keb., dalam sambutannya berharap, momen peringatan HUT IBI ini mampu memotivasi para bidan di Kabupaten Sragen untuk bekerja lebih baik lagi.

“Dengan usia yang ke-67 tahun, semoga para bidan dapat lebih meningkatkan kinerjanya lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, apalagi peran seorang bidan dalam membantu para ibu hamil dan melahirkan sangatlah besar,” terang Ermina Damai,A.md.Keb.

Bupati Sragen dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada IBI dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, “Saya yakin, dengan pengalaman 67 tahun ini, IBI akan terus berkembang dalam meyelamatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Sragen dengan hasil-hasil perjuangan yang semakin nyata dan dapat dirasakan baik oleh masyarakat maupun pemerintah,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, bahwa IBI memiliki peran strategis dalam pembangunan kesehatan di Indonesia khususnya dalam menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“Ini membutuhkan perhatian kita betul, butuh komitmen kita untuk bisa mengurangi AKI dan AKB. Semoga dengan bertambahnya AKI dan AKB di Kab. Sragen menjadi motivasi dalam mensikapi permasalahan serius Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.” terang Bupati.

Sementara itu, Kepala DKK Sragen dr. Hargiyanto,M.Kes., juga menyampaikan pesan dan dukungannya untuk para bidan agar bisa membantu program pemerintah dalam menekan AKI dan AKB khususnya di Kab. Sragen.

“Peran serta bidan dalam pelayanan kesehatan kepada para ibu hamil dan saat mau melahirkan sangatlah besar. Maka dari itu selain lebih meningkatkan kinerjanya, saya berharap kepada para bidan khusunya di Kabupaten Sragen dapat bekerjasama dengan masyarakat,” terang dr. Hargiyanto.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan reward kepada 3 Bidan Teladan tahun 2017, Penyerahan tali asih kepada anggota IBI yang purnatugas dan Penyerahan bantuan GNOTA kepada 10 orang siswa SD dari Desa Jambanan, Sidoharjo, dan Sragen.

Selain itu, Bupati juga me-launching Senam GERMAS Kreasi Sukowati persembahan dari anggota IBI Cabang Sragen dan dilanjutkan pemotongan kue tart untuk peringati HUT IBI 67. (HUMAS)