GUDANGNYA SENI DAN BUDAYA, SEKDA PROV JATENG LANTIK PENGURUS KSBN KAB. SRAGEN

SRAGEN – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr.Ir.Sri Puryono KS MP yang juga sebagai Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Jateng melantik dan mengukuhkan pengurus KSBN Kabupaten Sragen periode 2018-2023 di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Jumat (10/08).

Pengukuhan yang bernuansa kejawen tersebut, dihadiri oleh Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E.

Sekda Sragen Drs. Tatag Prabawanto,M.M dan Asisten III Ir. Simon Nugroho,S.Y terpilih menjadi Ketua Umum KSBN Kab. Sragen, sementara Ketua Umum Harian KSBN Drs. Suwardi,M.M dan Drs. Sutrisna,M.Si.

Sekda Sragen yang sekaligus Ketua Umum KSBN Kab. Sragen Drs. Tatag Prabawanto,M.M menyampaikan agar seni budaya di Kab. Sragen bisa menjadi perekat penyatu budaya bangsa, “Untuk para pekerja seni di Kab. Sragen marilah kita sekarang bersatu padu bagaiamana kita bisa menggali dan menghidupkan kembali budaya – budaya lokal yang selama ini hampir punah karena perkembangan zaman yang telah menggerus kebudayaan bangsa di negeri ini khususnya di Kab. Sragen.” jelas Sekda.

Sekda berharap agar budaya lokal yang sudah ada dapat dilestarikan baik mulai dari seni yang telah ada seperti tayub dan budaya bahasa jawa krama dalam tata cara berkomunikasi dengan orang yang lebih tua.

“Saya meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang sekaligus ketua harian KSBN agar pelajaran bahasa jawa menjadi sebuah muatan lokal yang wajib dibudayakan kembali bagaimana basis pengetahuan, seni, sosial bisa berkembang kembali di sekolah – sekolah.” terang Sekda Sragen.

Sementara itu, Sekda Prov. Jawa Tengah yang juga Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Jateng Dr.Ir.Sri Puryono KS MP menyampaikan, KSBN sebagai upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui perlindungan, pengembangan, pemanfatan, dan pembinaan kebudayaan.

“Bila semua sudah berjalan, semua objek pemajuan kebudayaan dapat didayagunakan guna memperkuat ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam mewujudkan ketahanan nasional,” jelas Sekda Prov. Jawa Tengah.

Lebih lanjut Sekda Prov. Jawa Tengah menambahkan, jika Kab. Sragen adalah gudangnya pelaku seni dan budaya, “Sragen ini gudangnya seni Jawa, seperti sinden, tayub dan masih banyak lagi. Inilah yang akan kita garap menjadi seni dan budaya yang bermartabat.” terangnya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati berharap Kab. Sragen juga harus terkenal sebagai kabupaten dengan pembangunan yang berbasis budaya.

“Meneguhkan dan menguatkan kembali karakter budaya Indonesia itu perlu kita lakukan sejak awal, dan untuk itulah kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sragen khususnya tingkat SD – SMP harus memunculkan kembali culture budaya yang mulai menghilang untuk memperkuat khasanah budaya.” terang Wabup. (HUMAS)