PERCEPAT PENGURUSAN UJI KIR DENGAN SAYANGKU ASTUTI

SRAGEN – Kualitas pelayanan dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kab. Sragen. Dengan melakukan launching Aplikasi Sistem Pelayanan Terjangkau Via Smartphone Cepat Mudah dan Pasti atau“Sayangku Astuti” yang digelar di Halaman Dishub Sragen, Selasa (31/07).

Hadir dalam launching tersebut, Asisten Adm Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Suharto,M.H., Kepala Dishub Sragen Muhari,S.H.,M.Hum., Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Junaedi, Sekdin Dishub Sragen Catur Jatmiko,S.E.,M.M., dan jajaran Kepala OPD Kab Sragen.

Aplikasi Sayangku Astuti sebagai wujud komitmen memberikan pelayanan secara profesional dalam uji kir kendaraan melalui penerapan aplikasi Sayangku Astuti dan sudah terintegrasi di dua Kabupaten / Kota yakni Kab. Jombang dan Banjarnegara sehingga dapat tersambung dengan dua kab. tersebut.

Sedangkan sistem pembayaran retribusi uji kir dapat dilakukan melalui sistem non tunai atau e-money melalui Bank BPD Jateng.
Kepala Dishub Sragen Muhari,S.H.,M.Hum., dalam sambutannya mengatakan jika inovasi pelayanan tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data uji kir atas kendaraan yang sudah dilakukan uji kir disamping itu memudahkan aparat pihak kepolisian dari satlantas.

“Untuk memperoleh data hasil uji kir kendaraan bermotor sehingga apabila kendaraan yang terjadi laka lantas terkait kendaraan tersebut bisa melihat data – datanya melalui smarthphone jadi tidak harus datang ke uji kir untuk meminta data cukup melalui smarthphone sudah terakses data yang sudah diujI,” terang Muhari.

Lebih lanjut Muhari menjelaskan tentang kemudahan pelayanan tersebut untuk waktu yang relatif lebih cepat, “Aplikasi Sayangku Astuti diharapkan dapat memangkas alur birokrasi serta mempercepat pengurusan uji KIR bagi kendaraan. Penerapan electronik kir ini merupakan bagian upaya transparansi pengelolaan keuangan daerah,” imbuhnya.

Asisten II Sekda Suharto,M.H., dalam sambutannya menyampaikan bahwa adanya launching ini mampu mewujudkan komitmen pelayanan uji kir secara profesional.

“Dan melalui Sayangku Astuti menjadi dasar menyimpan data aplikasi ini akan bisa kita lihat seberapa potensi untuk pengujian kendaraan bermotor di Kab. Sragen ini ada berapa banyak, Sehingga nanti bisa di antisipasi dalam proses pelayanan supaya nanti prosesnya dengan penjadwalan pengujian kendaraan bermotor dapat dilayani dengan baik dan tidak perlu antre lama.” jelas Suharto.

Selain itu, Kepala UPTD PKB Junaedi saat diwawancarai oleh tim peliputan humas menjelaskan bagaimana cara kerja aplikasi Sayangku Astuti, “Kalau ada kendaraan Sragen yang sudah diuji, di stiker samping akan dipasang di body kendaraan. Pada buku ujinya sudah ditambahkan QR code yang bisa di scan dengan QR reader sehingga setelah itu akan muncul data dan identitas kendaraan.”

“Jika terjadi laka kendaraan yang sudah diuji kir, cukup melakukan scan dengan smarthphone maka data transaksi akan muncul datanya.” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat Akreditasi PKB yang telah diraih Dishub Sragen tanggal 4 Juli 2018. Terkait aplikasi Sayangku Astuti, pemilik kendaraan yang akan mendaftarkan uji kir kendaraannya dapat mengakses pada alamat web : www.betasikironline.co.id (HUMAS)