PRESIDEN JOKOWI RESMIKAN JALAN TOL SEGMEN KARTASURA-SRAGEN

BOYOLALI – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen, Peresmian dilakukan secara langsung di depan Gerbang Tol Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (15/07/2018)

Dalam peresmian tersebut, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Direktur jenderal Bina Marga – KemenPUPR Arie Setiadi Moerwanto, Kepala Pengatur Jalan Tol – KemenPUPR (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desy Arryani, dan Direktur Utama PT Jasamarga Solo – Ngawi David Wijayanto.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam laporannya menyatakan bahwa Jalan Tol Solo Ngawi yang dibangun dengan nilai investasi Rp 13,4 T memiliki keunikan karena bersinergi dengan moda transportasi kereta bandara. “Di belakang (ROW dari Kadipiro-Purwodadi hingga Bandara Adi Soemarmo) yang ada crane merupakan jalur kereta api ke bandara yg sudah mulai dikerjakan,” jelas Basuki Hadimuljono.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan tujuan pembangunan tol ini salah satunya untuk mempercepat pergerakan arus barang, jasa dan masyarakat. Dampaknya, harga barang kebutuhan logistik pun dapat menurun, “Saya gembira karena Jalan Tol Ruas Kartasura-Sragen selesai dan secara bertahap Ruas Tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi.”

Di samping itu, Presiden juga meminta rest area yang terdapat di sepanjang jalan tol dapat dimanfaatkan sebagai sebagai tempat usaha masyarakat, terutama sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Saya titip, jalan tol bukan hanya memperlancar barang, jasa dan orang, menurunkan biaya logistik. Pada kesempatan yang baik ini, tadi sudah disinggung oleh Menteri PU mengenai rest area, jangan sampai titik yang ada kegiatan ekonomi diisi oleh merk, brand asing, namun diisi dengan produk makanan dan kerajinan lokal,” jelasnya.

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri kabinet kerja serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Dengan mengucap bismillahhirahmanirahim, saya resmikan Tol Kartasura-Sragen sepanjang 35 kilometer sebagai bagian ruas Tol Solo-Ngawi,” tutup Presiden Jokowi.

Dengan peresmian ini panjang ruas Jalan Tol Trans-Jawa yang beroperasi semakin panjang. Presiden memastikan pemerintah akan menyelesaikan pembangunan Tol Trans-Jawa secara bertahap.

Berdasarkan SK Menteri PUPR , maka penetapan golongan kendaraan bermotor dan besaran tarif tol yang akan berlaku mulai hari Selasa tanggal 17 Juli 2018 mulai pukul 00.00 WIB bagi kendaraan golongan I dari Kartasura menuju Sragen adalah Rp 35.000. (HUMAS)