BUPATI SRAGEN PIMPIN UPACARA HARKITNAS KE – 110

SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke-110 tahun 2018 dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”, yang digelar di Halaman Kantor Setda Sragen, Senin (21/05).

Turut hadir sekaligus sebagai peserta upacara, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,SE, Sekda Sragen Drs. Tatag Prabawanto,MM, Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto, seluruh pejabat eselon II, III, IV, Kepala OPD Kab. Sragen, serta TNI, POLRI dan Sat Pol PP.

Dalam kesempatan ini, Bupati membacakan pidato sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara,MBA yang isinya : Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2018 ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama – sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.

Bung Karno juga menggambarkan persatuan bangsa seperti layaknya sapu lidi. JIka tidak diikat, maka lidi tersebut akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan. Tetapi jikalau lidi – lidi itu digabungkan, diikat menjadi sapu, mana ada manusia bisa mematahkan sapu lidi yang sudah terikat?
Gambaran tersebut aktual sekali pada masa sekarang ini. Kita merasakan bahwa ada kekuatan – kekuatan yang berusaha meregangkan ikatan sapu lidi kita. kita disuguhi nhasutan – hasutan yang membuat kita bertikai dan tanpa sadar mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan tersebut.

“Generasi Bonus Demografi” yang kebetulan juga beririsan dengan “generasi millenial” kita tersebut pada saat yang sama, juga terpapar oleh massifnya perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. Alhamdulillah, kita mencatat bahwa tak sedikit anak muda kreatif yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara mencari berkah di dalamnya.

Oleh sebab itu, mari bersama – sama kita jauhkan dunia digital dari anasir – anasir pemecah – belah dan konten – konten negatif, agar anak – anak kita bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional Ke-110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing – masing, sesuai lingkup tugas kita masing – masing sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun – tahun mendatang. Terimakasih. Bangkit Indonesia !
(HUMAS)