WAKIL BUPATI SRAGEN HADIRI HUT SAR HIMALAWU KE-40

SRAGEN– Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 Perhimpunan Pecinta Alam dan Kemanusiaan SAR HIMALAWU Sragen digelar di Sekretariat Himalawu Sragen, tadi malam, Sabtu (05/06). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E dan Ketua BASARNAS Semarang Noer Isrodin M.

Tujuan dari peringatan tersebut yakni agar selalu optimal dalam melaksanakan penyelamatan dan evakuasi korban kecelakaan transportasi, kecelakaan dengan penanganan khusus, bencana pada tahap tanggap darurat dan kondisi membahayakan manusia secara cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi.

Dalam laporannya Ketua Panitia Penyelenggara HUT Himalawu, Erwin menyampaikan pada tanggal 29 April kemarin, sudah dilakukan kegiatan susur bengawan untuk pemetaan mitigasi Bengawan Solo.

“Alhamdulillah, dapat diikuti oleh 12 potensi dan kita bekerja sama dengan BPBD Sragen. Kegiatan yang dilakukan yakni pemetaan Sungai bengawan wilayah Kabupaten Sragen sampai dengan perbatasan Jawa Timur yakni Kecamatan Plupuh sampai dengan daerah mantingan,” jelasnya.

Kepala SAR Himalawu Sragen, Tri Harsono mengatakan meskipun telah memasuki usia 40 tahun, SAR Himalawu Sragen masih bisa eksis dan menjalankan visi misi hingga sekarang.

“Mudah – mudahan juga untuk kedepannya SAR Himalawu terus melaksanakan tugas – tugas kemanusiaan seperti apa yang kami cita – citakan. Dapat membantu derita sesama, mengurai derita sesama tanpa pandang bulu bangsa, suku, ras dan agama,” terangnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno juga mengucapkan selamat ulang tahun dan terimakasih kepada SAR Himalawu, “Selamat dan terimakasih atas pengabdian yang sebesar – besarnya, usia 40 tahun adalah usia yang cukup matang dan punya semangat baru, karena tidak banyak orang yang terpanggil untuk hal kemanusiaan seperti ini.”

”Apalagi dizaman sekarang ini, lebih mengedepankan ketenaran dan mengesampingkan kemanusiaan. Tunjukkan bahwa kita adalah orang – orang yang terpanggil untuk membantu orang – orang, siapapun tanpa memandang suku, ras, agama dan bangsa,” imbuhnya.

Wakil Bupati berharap, kedepannya agar SAR Himalawu terus bekerjasama dengan BPBD, relawan, atau SAR lainnya untuk melakukan elaborasi dan mengemban kerjasama dalam hal kemanusiaan.

“Terus bergandengan tangan, bertanggung jawab dalam hal kemanusiaan untuk masyarakat, karena dari situlah kita akan bisa bekerja dalam sebuah tim yang hebat, tim yang solid untuk melakukan edukasi dan melakukan pencegahan bencana ditengah – tengah masyarakat kita,” terangnya.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas keselamatan yang diberikan setiap melaksanakan tugas kemanusiaan, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati dan diserahkan kepada Penasehat Himalawu, Ketua Himalawu dan Ketua Panitia. (Humas)