BUPATI SRAGEN HADIRI UPACARA PELANTIKAN TARUNA DI SMK N 2 SRAGEN

Sragen – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati hadiri pelaksanaan Upacara Pelantikan Taruna SMK N 2 Sragen yang digelar di halaman sekolah SMK N 2 Sragen, Kamis (03/05). Taruna yang dilantik merupakan angkatan VII sebanyak 562 siswa, yang telah lolos pendidikan latihan ketarunaan selama satu tahun ajaran.

Tampak hadir Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah Dan Khusus (BP2MK) Provinsi Jawa Tengah Dr. Jasman Indradno, jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen, dan juga seluruh orangtua siswa kelas X yang dilantik.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan pelantikan ini merupakan momentum penting bagi tahapan kehidupan anak-anak SMK 2 Sragen, semoga bibit unggul inilah yang akan membawa bangsa Indonesia lebih maju dan lebih baik, “Anak-anak ini yang akan menjadi generasi penerus untuk Kabupaten Sragen dan Bangsa Indonesia pada umumnya”, tegas Bupati.

Bupati berpesan bahwa tantangan zaman memberikan tantangan yang luar biasa dengan era teknologi yang mendominasi. Media sosial menjadi bagian kehidupan sehari-hari, kepada orangtua berikan keleluasaan dan kepercayaan pada anak-anak tetapi tetap dan wajib mengawasi, bahaya peredara narkoba yang menyerang anak muda, serta mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir untuk tetap menjaga kerukunan dalam pesta demokrasi mendatang.

“Pemerintah telah menjawab melalui Perpres no 87 thn 2017 tentang penguatan pendidikan karakter, dan hari ini salah satunua dengan pelantikan, inilah wujud implementasi pendidikan karakter yg baik, harapan saya bisa diwujudkan di SMK lain, dengan disiplin yang luar biasa yang akan menjaga dan memiliki jiwa NKRI harga mati. Untuk melawan paham radikaslisme, salah satu caranya dengan pendidikan karakter bagi anak bangsa”, tambah Bupati.

Kepala Sekolah SMK N 2 Sragen Sugiyarso menjelaskan melalui pendidikan karakter ini kami melatih, baik secara rohani jasmani, spritual dan kekuatan fisik selama satu tahun. Setelah selesai kegiatan tersebut, maka puncaknya adalah pelantikan, dengan harapan bisa mempertemukan dengan pimpinan daerah, dunia usaha dan industri untuk memperkenalkan anak-anak kami, dan bisa memberikan motivasi dan inspirasi utk bisa lebih bersemangat dalam belajar untuk mencapai sukses.

“Sekalipun sudah menyelesaikan pendidikan latihan bukan selesai perjuangan, anak-anak harus bisa terus menjaga bahkan mengembangkan karakter dengan baik shg menjadi generasi yang diteladani dan dicontoh serta mendapat pekerjaan yang di cita-citakan”, pungkas Sugiyarso.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah Dan Khusus (BP2MK) Provinsi Jawa Tengah Dr. Jasman Indradno dan sekaligus melantik taruna. Pelantikan ditandai dengan pemakaian peci dan siraman air kembang kepada perwakilan taruna. (Humas)