PERAN PKK PENTING DALAM SUKSESKAN PEMBANGUNAN PEMKAB SRAGEN

Sragen – Dalam rangka meningkatkan kebiasaan gotong royong di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sragen mengawali kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV berlokasi di Balai Desa Pungsari, Kec. Plupuh, pada hari Rabu (02/05), acara pencanangan BBGRM tersebut dipadukan dengan kegiatan Hari Gerak Kesatuan PKK ke-46 Kabupaten Sragen dan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Diawal acara, Bupati Sragen melakukan peninjauan pameran produk unggulan, pasar murah, KTP elektronik, pengurusan Akte, KK, Bulan sadar pajak yang digelar pada stand depan Balai Desa Pungsari.

Ketua TP-PKK Kab Sragen Retna Susanti Dedy Endriyatno,S.Pd menyampaikan “Kegiatan dengan tema Gotong Royong mengembangkan Inovasi di Kabupaten Sragen, tahun ini akan dilaksanakan di desa-desa pada 20 kecamatan di Kab Sragen.”

Lebih lajut disampaikan, BBGRM ke XV bersama peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 merupakan momentum yang sangat bermakna dalam menjaga dan melestarikan budaya gotong royong sebagai budaya asli Bangsa Indonesia serta memberdayakan meningkatkan motivasi kader PKK untuk mampu melaksanakan Program PKK dengan baik.

Dalam sambutannya Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati juga menyampaikan bahwa “Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan perdesaan, oleh karena itu dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan dukungan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, benar-benar merupakan pembangunan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat serta hasilnya diharapkan bermanfaat bagi kepentingan hajat orang banyak.” Ungkapnya.

“Gotong royong, insya Allah tanggal 4 Mei nanti adalah yang kedua tahun saya dan Pak Wabup memimipin kabupaten Sragen. Saya merasakan sendiri, bahwa pada setiap kedinasan tidak akan bisa menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa gotong royong”

Menurutnya, peran PKK sangat penting dalam mensukseskan program-program pemkab Sragen. Perlu adanya kebersamaan dan kerja sama saling membantu antara PKK dengan pemerintah agar tercapai tujuan bersama, salah satunya dalam hal mengakselerasi kemiskinan di Kab. Sragen.

“PKK diharapkan dapat memberikan makna yang mendalam dalam berkiprah dan berkarya secara nyata dalam menyumbangkan dharma bhaktinya bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, mengingat gerakan PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga.” Ujarnya.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh komponen atas keguyuban yang sudah ditanamkan dan saat ini sudah terlihat dampak baik dalam pembangunan di Kab Sragen.

“Terimakasih karena guyubnya luar biasa, semoga hal ini bisa terus dijaga karena kekompakkan ini adalah cerminan kita bahwa bangsa Indonesia harus mengedepankan gotong royong” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sragen bersama Wakil Bupati Dedy Endriyatno,S.E secara simbolis menyerahkan Bibit cabai, Bantuan (RTLH, Duafa, Modal Ekonomi Produktif, Jamban, Pekerja Migran yang bermasalah), Sertifikat pelatihan dan alat pelatihan, Penyerahan medali emas juara Taekwondo POPDA tingkat Prov. Jateng hingga Penyerahan hadiah lomba temu kader PKK (Lomba Pidato, Lomba Penyuluhan, Lomba Tari Kreasi dan Lomba Kudapan)

Acara tersebut dimeriahkan oleh persembahan Tari Batik (SMP N 1 Plupuh), Musik Tradisional (SMP N 2 Plupuh) dan Tarian Guyub Rukun dari Ibu – ibu Ketua TP PKK Desa/Kel juara temu kader PKK Tahun 2018. (Humas)