SALURKAN BANSOS NON TUNAI, MENSOS BERIKAN LANGSUNG KEPADA KPM DI KAB SRAGEN

Sragen – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) non tunai kepada 40.925 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Kabupaten Sragen.
Bantuan diserahkan secara langsung oleh Menteri Sosial (Mensos) Dr. Drs. M. Idrus Marham, M.Sc di Pendopo Sumonegaran, Rumah Dinas Bupati Sragen, Sabtu (31/03).
Selain menyalurkan Bantuan PKH non tunai, Mensos juga menyalurkan Bantuan Sosial Pangan Beras Sejahtera (Bansos Rastra) kepada 76.362 keluarga, Bantuan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Lansia) berupa alat bantu bagi lansia (Kursi Roda, Tripod Biasa, Tripod Duduk, Walker), Bantuan Kebutuhan Dasar kepada 100 warga masing – masing menerima Rp. 500.000,- dan Bantuan Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) berupa Tabungan Sosial Anak (TASA) kepada 30 anak.
Penyaluran bansos tersebut ditandai dengan penyerahan sembako secara simbolis kepada keluarga penerima manfaat serta bantuan pendidikan kepada 10 siswa berprestasi di Kab Sragen dan dipandu secara langsung oleh Mensos.
Penyerahan bantuan bergantian dimulai oleh Menteri Perhubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi, Bupati Kab Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E , Kepala Dinas Sosial Prov Jawa Tengah, Kapolres Sragen, Dandim Sragen, dan Direksi Bank BNI, dan Direksi BULOG.
Dalam sambutanya, Bupati Sragen menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri Sosial, Idrus Marham yang sudah menyalurkan bansos kepada KPM di Kab Sragen.
“Terimakasih kepada Bapak Idrus Marham yang sudah hadir dan menyalurkan bansos kepada KPM yang ada di Kabupaten Sragen.” Tutur Bupati
“Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menentaskan kemiskinan khususnya di Kab. Sragen yang dalam hal ini disalurkan melalui Kementerian Sosial dan saya harap bansos ini bisa digunakan dengan sebaik – baiknya serta digunakan untuk hal yang bermanfaat.” imbuh Bupati.
Sementara itu Idrus Marham selaku Mensos RI mengatakan, sesuai dengan instruksi Presiden akan memastikan bahwa program Bansos tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
“Kemarin saya dipanggil presiden dan kebetulan juga ada rapat di istana, dan beliau mengingatkan kepada saya agar Mensos memastikan bantuan sosial ini bisa tercapai semuanya,” Ungkap Mensos.
“Bapak Presiden juga mengingatkan kepada saya apabila menyangkut urusan rakyat tidak ada hari libur, meskipun Sabtu, Minggu harus tetap jalan.” lanjut Idrus.
Mensos juga menegaskan bahwa sesuai arahan dari Presiden akan menindak tegas jika ditemukan adanya penyimpangan pencairan bantuan sosial.
“Untuk itu dengan kehadiran Kapolres Sragen, Dandim dan perwakilan OPD juga turut bersama-sama dalam mengawasi semua ini. Dan apabila ada penyimpangan di masyarakat di desa atau dimana saja dan ketahuan, maka sesuai arahan Bapak Presiden maka harus diberikan tindakan tegas,” pungkasnya.
Diketahui, alokasi PKH untuk Kab Sragen dari Kemensos sebesar Rp. 178.493.820.000,-. (Humas)