Bupati Sragen : Surplus DAPM dibagi ke Desa dan Difokuskan untuk Jambanisasi

Sragen – dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Sragen menyerahkan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) kepada 7 Kepala Desa (Kades) Kecamatan Jenar dalam acara “Penyerahan Dana Sosial dan Senam Sehat Undian Berhadiah Alokasi Surplus Tahun Anggaran 2017 UPK DAPM Kec. Jenar” di halaman Kec. Jenar, pagi tadi, Jumat (23/02)
Menurut penyelenggara, Agus Hermawan dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut terselenggara dari agenda dan alokasi surplus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) tahun 2017 yang dilaksanakan pada tahun ini yakni sebesar 79 juta rupiah.
“Untuk penerimaan dana sosial yang diterima oleh masing-masing desa, rata-rata sebesar tujuh juta lima ratus lima puluh ribu rupiah” ujarnya.
Sebelumnya, Kec. Jenar pada tahun 2003 mendapatkan alokasi bantuan Program Perkembangan Kecamatan (PPK), namun tahun 2006 berubah nama menjadi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sebesar 750 juta rupiah untuk dikembangkan dalam pengembangan pemberdayaan khususnya pada masyarakat kecil dibidang perguliran.
“Dana itu bersifat hibah dan Alhamdulillah sampai akhir tahun 2017 per desember menunjukkan neraca kami 750 juta berubah angka menjadi 3 Milyar 26 Juta rupiah,”lanjutnya.
Pada kesempatan tersebut, Bupati mengucapkan terima kasih atas peran DAPM yang sudah membantu pemkab Sragen dalam mengembangkan desa khususnya di Kec. Jenar.
“Peran DAPM sangat membantu, saya ucapkan terima kasih banyak. Luar biasa!!, semoga semakin berkembang pesat.”
Selain itu, Bupati berharap DAPM tersebut digunakan untuk bantuan jambanisasi di masing-masing desa. Hal tersebut dikarenakan masih ditemukan beberapa warga yang masih BAB sembarangan.
“Kalau tahun ini bisa Surplus, memberikan pemberdayaan masyarakat yang luar biasa meningkatkan ekonomi, hari ini bisa dibagi ke desa untuk jambanisasi, karena 2018 Kabupaten Sragen harus bisa bebas BAB sembarangan”
Sebelum meninggalkan acara tersebut, secara simbolis Bupati menyerahkan DAPM kepada 7 kades dari Desa Jenar, Japoh, Kandangsapi, Mlale, Dawung, Banyurip dan Ngepringan. (Humas)