MESKIPUN SUDAH PENSIUN, BUPATI MASIH MEMBUTUHKAN

Sragen – Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati secara simbolis menyerahkan 131 SK Purna Tugas untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen, pagi tadi, Selasa (20/02)
Penyerahan SK Pensiun bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sragen tersebut diberikan kepada para ASN yang memasuki masa Pensiun Tahun 2018.
Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh ASN yang akan menerima SK Pensiun sebanyak 131 orang, juga dihadiri oleh Sekda Sragen, Tatag Prabawanto, Asisten III Simon Nugroho, Direktur Bank Jateng Cabang Sragen dan Direktur PT. Taspen Surakarta. Dalam kesempatan ini pula diadakan sosialisasi program pensiun oleh Bank Jateng dan PT. Taspen Surakarta.
Data yang disampaikan oleh Kepala BKPP, Sarwaka, penyerahan SK Pensiun untuk tahun ini sebanyak 131 orang terdiri dari Golongan I sejumlah 2 orang, Golongan II sejumlah 15 orang, Golongan III sejumlah 38 orang, golongan IV sejumlah 76 orang.
Bupati Sragen menyampaikan rasa Syukur dan bangga karena ASN yang menerima SK Pensiun hadir dalam kondisi sumringah, sebaliknya Bupati malah merasakan kesedihan.
“Disatu sisi saya merasa sedih karena harus melepas ASN yang tentu saja, tenaga dan pikiran masih kita butuhkan. tetapi bersyukurnya saya melihat 131 orang yang hadir hari ini tidak ada yang berwajah duka, semua senyum dan sumringah.”, ungkap Bupati.
Pada kesempatan tersebut juga diundang 214 ASN yang akan pensiun di bulan Mei 2019, Bupati nyatakan Kabupaten Sragen akan mengalami kekurangan tenaga ASN.
“bayangkan setiap tahun sedemikian banyak ASN yang pensiun, sementara kita tidak boleh melakukan rekrutmen tenaga baru ASN, hal ini jika dibiarkan terus menerus karena setiap tahun yang pensiun 500 orang, hal ini juga dialami oleh semua Kabupaten/kota di Indonesia”, jelas Bupati.
Untuk mengatasi hal tersebut semua kepala daerah bersama-sama mengajukan permohonan penambahan ASN kepada Menteri PAN dan RB.
“seluruh Kepala Daerah se Indonesia menyampaikan hal yang sama kepada MENPAN RB untuk minta penambahan ASN, dengan jawaban silahkan mengajukan, tetapi harus dengan skala prioritas, sehingga Kabupaten Sragen mengajukan sejumlah 614,”jelas Bupati.
Bupati juga menghimbau untuk para ASN yang telah memasuki masa pensiun untuk turut serta menjaga kondusifitas Kabupaten Sragen, apalagi tahun ini ada Pilkada, Bupati juga berharap para Pesiunan tetap menjadi bagian dari pemerintah Kabupaten Sragen,sebagai jembatan bagi masyarakat untuk mensukseskan Program-program pemerintah agar bisa terlaksana dengan baik.

“Saya yakin penjenengan adalah orang-orang yang hebat, pada saat masih menjadi ASN, tenaga, waktu dan pikirannya diperlukan untuk bangsa dan negera, setelah selesai kami pun masih membutuhkan, karena tidak ada seorang ASN yang tidak menjadi tokoh masyarakat dimanapun dia tinggal. untuk itu bagi panjenengan yang sudah pensiun mari kita jaga sama-sama Kabupaten Sragen yang kita cintai dan saya harap tetap menjadi Bagian dari Kab. Sragen sehingga program apapun tetap dapat kita laksanakan”, pungkas Bupati. (Humas)